26 C
Medan
Jumat, September 20, 2024

Hari Jadi ke-78 Kabupaten Karo, Atlet Disabilitas Berprestasi Terima Tali Asih

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Karo (buseronline.com) – Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Karo memberikan tali asih kepada atlet disabilitas yang berprestasi pada Hari Jadi ke-78 Kabupaten Karo.

Kepala Disbudporapar Kabupaten Karo Munarta Ginting SP menyebut, pemberian tali asih kepada insan olahraga disabilitas yang berprestasi untuk atlet dan pelatih, merupakan penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Karo melalui Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga serta Pariwisata Kabupaten Karo.

“Pemberian tali asih ini sekaligus rangkaian perayaan Hari Jadi ke-78 Kabupaten Karo,” katanya.

Disebutkan, bahwa kegiatan ini merupakan program pembinaan dan pemasyarakatan olahraga pada Dispora yaitu pemberian penghargaan bagi insan olahraga yang berdedikasi dan berprestasi.

“Dasarnya yakni UU Nomor: 3 Tahun 2005, Perpres Nomor: 44 Tahun 2014 dan Permenpora Nomor: 1684 Tahun 2015,” katanya.

Pemberian tali asih diberikan secara simbolis oleh Asisten Pemerintahan Kabupaten Karo, Mulianta Tarigan, Kadis Kominfo Frans Leonar Surbakti serta Kadis Budporapar, Munarta Ginting di depan panggung utama pesta Hari Jadi ke 78 Kabupaten Karo.

Munarta Ginting, menyebut sebanyak 34 orang atlet disabilitas berprestasi mendapat santunan tali asih. Kemudian ada sebanyak 6 orang pelatih disabilitas yang juga mendapat tali asih.

“Total 34 medali terdiri dari 13 medali emas, 9 medali perak serta 12 medali perunggu,” ujarnya.

Adapun cabang kejuaran yang diikuti para atlet disabilitas ini yakni lari, lompat jauh, tolak peluru, lempar cakram, lempar lembing, lompat jauh, tenis lapangan, kursi roda dan catur cepat beregu.

“Untuk medali emas, kita berikan tali asih Rp2.500.000, medali perak sebesar Rp2.000.000 serta medali perunggu sebesar Rp1.500.000,” katanya. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru