26 C
Medan
Minggu, Oktober 6, 2024

BPJS Kesehatan Lubukpakam Imbau Aktifkan Kepesertaan JKN

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Lubukpakam (buseronline.com) – BPJS Kesehatan Cabang Lubukpakam mengingatkan para pemudik dan keluarga agar selalu memastikan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dalam kondisi aktif. Tujuannya agar tidak terkendala ketika mendadak sakit atau perlu pelayanan kesehatan di perjalanan sewaktu mudik atau di tempat tujuan.

Hal itu disampaikan Pejabat Pengganti Sementara Kepala BPJS Kesehatan Cabang Lubukpakam Ikhwal Maulana saat konferensi pers layanan program JKN saat libur lebaran 2024 mudik aman di Kantor Cabang Setempat, Lubukpakam.

Ikhwal juga mengajak pemudik agar peserta JKN yang rutin mengakses layanan kesehatan di rumah sakit jangan lupa untuk mengecek tanggal kadaluwarsa surat rujukan. Jika surat rujukan sudah hampir kadaluwarsa, segeralah mengurus pembaruan surat rujukan sebelum memasuki masa cuti bersama dan libur lebaran.

“Jaga kesehatan selama bulan puasa. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang, kurangi makanan tinggi gula, perbanyak asupan air putih, istirahat cukup dan usahakan selalu berolahraga ringan,” ajak Ikhwal.

Dijelaskan, selama periode cuti bersama dan libur lebaran yang jatuh pada tanggal 8-15 April 2024, BPJS Kesehatan berkomitmen untuk memudahkan peserta JKN dengan memberikan akses pelayanan kesehatan yang diperlukan. Komitmen ini mengacu pada prinsip portabilitas yang telah diterapkan BPJS Kesehatan.

Prinsip portabilitas tersebut diwujudkan dalam memberikan jaminan pelayanan kesehatan yang mudah, cepat, dan setara bagi peserta JKN di seluruh wilayah Indonesia. Peserta yang berada di luar wilayah tempat Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) terdaftar, dapat mengakses pelayanan rawat jalan di FKTP lain paling banyak 3 kali kunjungan dalam waktu satu bulan.

“BPJS Kesehatan juga menyediakan berbagai kanal layanan seperti pelayanan piket di kantor cabang yang beroperasi dari pukul 08.00 hingga 12.00 waktu setempat. Bagi yang mengakses layanan non tatap muka melalui Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp (Pandawa), dapat dilayani dari pukul 08.00-12.00 WIB. Layanan yang disediakan bagi peserta JKN mencakup layanan informasi, layanan administrasi, dan layanan pengaduan. Selain itu, peserta JKN juga dapat memanfaatkan layanan administrasi JKN melalui Aplikasi Mobile JKN,” terang Ikhwal.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Deliserdang melalui Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Rujukan Fidrin Eni Sipayung menuturkan, pihaknya akan memastikan pelayanan kesehatan tetap berjalan optimal di wilayah Deliserdang selama masa libur Idul Fitri 2024. Dia juga mengatakan akan berkoordinasi dengan BPJS Kesehatan agar program-program yang dilaksanakan di lapangan dapat bersinergi.

“Puskesmas yang menyelenggarakan rawat inap akan tetap buka. Public Safety Center (PSC) juga senantiasa bersiaga dan dapat selalu dihubungi di Nomor 119. Jaringan PSC ini terhubung ke Puskesmas-puskesmas di Deliserdang untuk memastikan pelayanan yang cepat dalam kondisi gawat darurat dan pelayanan kegawatdaruratan neomaternal. Layanan ini tidak berbiaya,” pungkas Eni. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru