24 C
Medan
Minggu, Oktober 6, 2024

Polres Pematangsiantar Cek Kelayakan Angkutan Umum

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Pematangsiantar (buseronline.com) – Kasat Lantas Polres Pematangsiantar AKP Gabriellah A Gultom memimpin pelaksanaan pemeriksaan kelayakan (Ramp Check) kendaraan angkutan penumpang umum di Terminal Tipe A Tanjung Pinggir Kota Pematangsiantar.

Gabriellah mengatakan, pemeriksaan kendaraan angkutan umum ini dilakukan dalam kesiapan Ops Ketupat Toba di wilayah hukum Polres Pematangsiantar, karena dipastikan mobilisasi masyarakat menjelang arus mudik Idul Fitri akan meningkat.

“Kita ingin pastikan kesehatan pengemudi bus dan kelayakan kendaraan yang beroperasi keluar dan masuk dari wilayah Kota Pematangsiantar dan menekan angka kecelakaan lalulintas (lakalantas),” ucapnya.

Dalam pengecekan itu, personel Satlantas bersama petugas Dinas Perhubungan Kota Pematangsiantar memeriksa kelengkapan administrasi kendaraan berupa SIM, STNK, izin trayek, maupun kelayakan izin kendaraan (KIR).

“Selain kelengkapan surat-surat, kita juga lakukan pemeriksaan kondisi kendaraan meliputi pengereman, tekanan ban, lampu besar dan kecil, lampu sen, spion dan selanjutnya melaksanakan pemeriksaan kesehatan para pengemudi serta kondekturnya,” sebutnya.

Gabriellah menerangkan, dalam pengecekan tersebut sebanyak lima jenis bus antar kota antar provinsi (AKAP) ada sebanyak lima unit, bus antar kota dalam provinsi (AKDP) sebanyak tujuh unit dan bus pariwisata satu unit.

“Sejauh ini hasil pengecekan kita kelayakan kendaraan beroperasi tergolong layak dan bahkan pemeriksaan tes urine ke 13 sopir bus hasilnya negatif,” pungkasnya. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru