28.9 C
Medan
Rabu, Mei 15, 2024

Usai Lebaran 2024, Jumlah Pasien RS Pirngadi Meningkat

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Pasca Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M, pasien RSUD Dr Pirngadi Medan mengalami peningkatan per harinya. Hal ini disebabkan pola makan yang berubah usai melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadan.

Kasubag Hukum & Humas RSUD Dr Pirngadi Medan Gibson Girsang mengatakan, jumlah pasien pasca lebaran memang mengalami peningkatan.

Pasien yang berobat ke rumah sakit milik Pemko Medan ini sebelum Idul Fitri sebanyak 200-an orang sebagai pasien rawat jalan, dan sekitar 80-an orang sebagai pasien rawat inap per harinya.

Sedangkan jumlah pasien usai Idul Fitri, berdasarkan laporan yang diterima, 314 orang sebagai pasien rawat jalan, sedangkan rawat inap 95 orang per harinya.

“Jumlah itu terhitung dari tanggal 16 sampai 25 April 2024, 314 orang rawat jalan dan 95 rawat inap. Diagnosa pasien bagi rawat inap antara lain menderita Demam Typoid, GE dan Dispepsia,” sebutnya.

Gibson tak menampik bahwa rata-rata pasien yang masuk ke RS Pirngadi Medan akibat pola makan yang berubah usai melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadan. “Seperti makan makanan yang pedas dan juga minuman yang asam,” sebutnya.

Gibson juga menyebutkan, sebagian besar pasien dirawat menggunakan program Universal Health Coverage (UHC) BPJS Kesehatan dan sebagian lagi pasien umum. (P3)

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru