29 C
Medan
Sabtu, Mei 18, 2024

Tahun Ini RS Bachtiar Djafar akan Buka Dua Poliklinik

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) H Bachtiar Djafar terus berusaha memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

Salah satunya, pihak manajemen akan menambah sejumlah poliklinik yakni Poliklinik Paru dan Poliklinik Psikiatri. Kedua poli ini melengkapi poli yang sudah ada sebelumnya.

“Untuk poli yang telah dibuka saat ini adalah Poliklinik Anak, Bedah, Obgyn, Mata, THT, Gigi dan Poliklinik umum. Rencana di tahun 2024 akan membuka Poliklinik Paru dan Poliklinik Psikiatri,” kata Direktur RSUD H Bachtiar Djafar dr Irliyan Saputra SpOG.

Rumah sakit yang dilaunching pada tahun 2022 itu saat ini sudah menyediakan 100 bed mencakup Instalasi Gawat Darurat (IGD), ruangan Intensive Care Unit (ICU) yang merupakan ruangan khusus yang disediakan rumah sakit untuk merawat pasien dengan kondisi yang membutuhkan pengawasan ketat.

Kemudian juga dilengkapi dengan ruangan Pediatric Intensive Care Unit (PICU) yang fungsinya adalah ruang perawatan intensive untuk anak-anak yang memerlukan pengobatan dan perawatan khusus, guna mencegah dan mengobati terjadinya kegagalan organ-organ vital.

“Selain itu kita juga dilengkapi ruangan unit layanan intensif bagi bayi dengan kondisi tertentu yang membutuhkan perawatan khusus, seperti bayi lahir prematur, bayi gawat nafas berat dan sebagainya (NICU) dan rawatan inap,” tegasnya.

Ia mengatakan hingga saat ini RSUD ini telah melayani sekitar 2.800 pasien dimana jumlah rata-rata pasien rawat inap perhari lebih kurang 5 orang, dan untuk pasien rawat jalan rata-rata 4 orang.

“Kami saat ini kurang SDM dan penunjang seperti beberapa kondisi fisik RSUD yang diperlukan untuk pembenahan. Untuk peningkatan jumlah pasien kami akan terus sosialisasi layanan ke puskesmas dan faskes sekitar,” tuturnya. (P3)

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru