26 C
Medan
Jumat, September 20, 2024

Bupati Tapanuli Selatan Buka Bimtek dan Sertifikasi Penyuluh Pertanian

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tapanuli Selatan (buseronline.com) – Bupati Tapanuli Selatan Dolly Pasaribu membuka bimbingan teknis (Bimtek) dan sertifikasi penyuluh pertanian Kabupaten Tapanuli Selatan di Desa Aek Sabaon, Kecamatan Marancar.

“Bimtek dan sertifikasi penyuluh pertanian bertujuan meningkatkan kompetensi SDM pertanian kita,” katanya.

Keberadaan para penyuluh pertanian sangat vital dalam mewujudkan pencapaian swasembada pangan serta dalam penerapan teknologi pertanian yang terus berkembang.

Setidaknya 70% masyarakat Tapsel adalah petani sehingga kehidupan masyarakat kita bergantung pada pertanian.

Penyuluh pertanian berhadapan langsung dengan masyarakat, mendengar langsung keluhan masyarakat serta dapat melihat langsung kesulitan petani.

Sehingga dapat dibina, dan mengarahkan petani untuk menjaga ketahanan pangan Indonesia melalui peningkatan produksi maupun kapasitas petani.

“Pada Pemilu yang lalu sudah ditetapkan pemenangnya yakni, Pak Prabowo Subianto menjadi Presiden dan Mas Gibran Rakabuming Raka menjadi wakilnya, dimana salah satu programnya adalah makan siang gratis,” ujarnya.

Bupati Dolly berpesan agar para peserta Bimtek mengikuti kegiatan ini dengan bersungguh-sungguh guna mencapai hasil yang maksimal.

Kadis Pertanian Tapsel Henry Hamdani Hasibuan dalam laporannya menjelaskan, peserta Bimtek dan sertifikasi bagi penyuluh pertanian berjumlah 43 orang yang terdiri dari PPL, THL kabupaten, dan 3 orang PPL swadaya.

Adapun pelaksanaan bimtek ini dimulai dari tanggal 6-8 Mei 2024. Sedangkan untuk pelaksanaan sertifikasi dimulai tanggal 9-12 Mei 2024.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Bapeltan Jambi Sugeng Mulyono STP MP, lembaga sertifikasi profesi dan asesor kompetensi, koordinator BPP kecamatan dan Pimpinan PT AR. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru