27 C
Medan
Selasa, September 17, 2024

Presiden Tinjau Pasar Baru Karawang

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jawa Barat (buseronline.com) – Presiden RI Ir H Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung stok dan harga sejumlah bahan pangan yang ada di Pasar Baru, Karawang, Provinsi Jawa Barat.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kegiatan ini adalah Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas, Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin dan Bupati Karawang Aep Syaepuloh.

Menurut Presiden Jokowi, harga sejumlah bahan pokok di pasar masih dalam keadaan baik.

“Saya kira harganya baik. Artinya dari angka inflasi juga akan turun kan di bulan yang kemarin ya,” ujar Presiden Jokowi dalam keterangannya kepada media usai peninjauan.

Bahkan, Presiden Jokowi menyebut harga sejumlah bahan pokok mengalami penurunan.

Mulai dari bawang merah yang berada di harga Rp45 ribu per kilo, hingga bawang putih yang berada di kisaran harga Rp38-40 ribu.

“Kemudian beras lokal dengan harga Rp12.000 sampai Rp13.000,” ungkap Presiden Jokowi.

Terkait ketersediaan, Presiden Jokowi juga mengatakan bahwa saat ini stok beras yang ada di Bulog sudah mencukupi yaitu sekitar 1,6 juta ton.

Stok tersebut menurut Presiden Jokowi sudah lebih dari rata-rata.

“Kalau stok di Bulog sendiri sekarang ada 1,6 juta yang biasanya kita stok itu hanya maksimal biasanya hanya 1,2 juta atau yang sering itu di bawah 1,2 juta rata-rata stok kita. Ini 1,6 juta stok di Bulog,” ucap Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi pun mengatakan bahwa pemerintah Indonesia telah melakukan sejumlah langkah antisipasi dalam rangka mencegah musim kemarau, di antaranya dengan membangun dan membuat sejumlah sumur pompa di daerah yang mengalami kekurangan air.

“Terutama di titik-titik yang berkaitan dengan pertanian dengan beras itu mulai oleh Kementerian Pertanian dan Kementerian PU,” tutup Presiden Jokowi. (R3)

Berita Lainnya

Berita Terbaru