27 C
Medan
Senin, Juli 8, 2024

Srikandi PLN Ikut Jaga Keandalan Lewat Budaya K3

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Sebagai upaya dalam memberikan pelayanan yang terbaik sekaligus memperingati hari kartini, PLN senantiasa menjaga kehandalan jaringan kelistrikan. Srikandi ikut PLN mengimbau pegawai berkomitmen untuk meningkatkan kesadaran dan implementasi budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di lingkungan PLN.

“Pegawai diminta agar dapat terus memberikan pelayanan ketenagalistrikan yang optimal, seluruh unsur dan insan PLN wajib selalu disiplin dalam menerapkan K3,” tegas General Manager PLN UID Sumut Saleh Siswanto di Medan, Sabtu (18/5/2024).

Saleh berpendapat, penerapan K3 di seluruh lini PLN akan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Safira Salma, Team Leader K3 PLN ULP Helvetia, adalah salah satu dari banyaknya Srikandi PLN yang menjadi bagian dari insan PLN yang menjadi agen perubahan. Dalam setiap pekerjaan untuk memastikan keandalan dan keamanan pasokan listrik, Safira melaksanakan pengecekan keandalan dan keamanan jaringan secara rutin.

“Beberapa poin yang rutin saya periksa antara lain jarak aman jaringan instalasi listrik ke rumah pelanggan, potensi penyebab gangguan seperti pohon atau baliho di sekitar jaringan dan juga kelengkapan perlengkapan pengamanan jaringan, seperti pintu box LVC yang tertutup rapat dan sesuai standar,” jelas Safira.

Kondisi kelengkapan APD dan kondisi fit dari petugas juga memainkan peran penting dalam upaya menjaga keamanan pekerjaan kelistrikan, sebagai langkah upaya meningkatkan kesadaran untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat bagi masyarakat dan juga insan PLN.

Safira juga mengatakan bahwa penyampaian pesan keselamatan setiap pagi dan menutup pada sore hari dengan laporan semua kondisi pegawai dalam keadaan sehat adalah langkah untuk membangun kesadaran pentingnya keselamatan dalam bekerja.

“Setiap pagi saat briefing, biasanya saya selalu menyampaikan forecast cuaca hari ini, menyampaikan poin pesan keselamatan memastikan kondisi kesehatan tim, dan mengingatkan untuk bekerja sesuai SOP dan list kelengkapan APD. Saya juga mengingatkan betapa pentingnya kita pulang ke rumah dalam kondisi sehat dan kembali semangat untuk menjalankan tugas berikutnya,” tuturnya. (P2)

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru