26 C
Medan
Senin, Juli 8, 2024

PON XXI Aceh-Sumut, Persiapan Sumut Berjalan On The Track

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Persiapan PON XXI Aceh-Sumut di sembilan kabupaten/kota berjalan on the track. Pelaksanaannya juga dijadwal tetap, 8-20 September 2024.

Hal tersebut disampaikan Pj Gubernur Sumut Hassanudin saat mengikuti rapat persiapan PON dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo di Hotel Santika, Jalan Kapten Maulana Lubis, Medan.

Hingga kini persiapan sudah memasuki fase akhir. Sebagaimana diketahui di Sumut ada 34 cabang olahraga dengan 527 nomor perlombaan yang akan dipertandingkan di sembilan kabupaten/kota Sumut.

Siaran pers yang diterima wartawan, venue utama selesai sesuai target Juli 2024, dan akan diadakan uji coba sistem pendukung, SOP hingga kesigapan kepanitiaan.

Selain itu ada beberapa hal yang menjadi prioritas PB PON wilayah Sumut, yaitu penyiapan SDM pendukung dan sosialisasi (campaign) meningkatkan kesadaran (awareness) mengenai PON pada masyarakat Sumut.

Hassanudin juga mengajak seluruh masyarakat Sumut, untuk turut bersama-sama menyukseskan PON XXI. Ia mengharapkan masyarakat dapat berkontribusi menyukseskan PON sesuai dengan perannya masing-masing.

Selain itu Hassanudin juga menargetkan lima sukses. Yaitu sukses prestasi, sukses penyelenggaraan, sukses pemberdayaan masyarakat, sukses akuntabilitas atau tertib administrasi dan sukses pemberdayaan penggunaan venue setelah PON.

Sementara itu Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo menepis isu penundaan PON 2024. Ia melihat persiapan Pemprov Sumut hingga saat ini sangat baik.

“Untuk Sumut kami lihat Insya Allah, dari segi persiapan secara mayoritas sudah matang, tinggal di sisi-sisi lain sedikit saja yang perlu dikejar sampai September,” katanya.

Selain itu, Dito juga optimis venue utama selesai Juli 2024. Pada kunjungannya yang terkahir Maret lalu, progress sudah cukup baik. Ia pun optimis progress terkini pastilah cukup besar. Setelah venue selesai, akan digelar sebuah tes event.

Mengenai penganggaran, Dito menilai persiapan Pemprov Sumut sudah baik. Tinggal menambahkan apa yang kurang akan didukung oleh APBN. Untuk jumlahnya akan disampaikan usai rapat bersama dengan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. (R)

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru