24 C
Medan
Minggu, Oktober 6, 2024

Bupati Sergai Pesan Jaga Kesehatan Jemaah Haji Selama Ibadah

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Sergai (buseronline.com) – Bupati Sergai H Darma Wijaya didampingi Wakil Bupati Sergai Adlin Tambunan memberangkatkan jemaah calon haji Kabupaten Sergai tahun 2024 yang tergabung dalam Kloter 16. Pelepasan dilaksanakan di Masjid Agung Sergai, Seirampah.

Di hadapan ratusan jemaah calon haji dan ribuan keluarga yang mendampingi, Darma Wijaya menyampaikan jika Ibadah haji merupakan rukun Islam kelima yang dilaksanakan oleh setiap kaum muslimin yang mampu.

Ia mengajak umat Islam yang akan menunaikan ibadah haji untuk bersyukur karena telah menjadi orang pilihan sebagai tamu Allah untuk melaksanakan ibadah haji pada tahun ini, mengingat masih banyak yang siap lahir batin, fisik dan mental, namun belum berkesempatan untuk menjalaninya.

Darma Wijaya berpesan agar selama di tanah suci nantinya, untuk memerhatikan kesehatan, karena kesehatan adalah faktor penting dalam pelaksanaan ibadah haji ini.

Ia juga berharap para jemaah calon haji agar selalu berkoordinasi dan berkomunikasi dengan para medis yang bertugas, apabila ada sesuatu yang dirasa mengganggu kesehatan.

“Yang tak kalah pentingnya lagi, para jemaah agar tetap khusyuk dalam beribadah selama di tanah suci. Tinggalkan semua pemikiran tentang keluarga, harta dan permasalahan lainnya, dan teguhkan hati demi kekhusyukan beribadah dan menjalani ritual ibadah haji, semata-mata mengharapkan rida Allah SWT,” ucapnya.

Ketika sudah berada di tanah suci Makkah, para jemaah agar tidak lupa mendoakan kabupaten dan masyarakat Sergai, supaya senantiasa dilimpahkan rahmat dan keberkahan hidup oleh Allah SWT, serta dilimpahkan rasa kebersamaan, rasa kesatuan dan persatuan.

“Kami berpesan kepada para tenaga kesehatan yang ditugaskan, agar rutin memerhatikan jemaah di tanah suci nantinya. Kepada para petugas haji, baik itu Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD), Tim Kesehatan Haji Daerah (TKHD), Ketua Rombongan (Karom) dan Ketua Regu (Karu), kami juga berpesan, mulailah menjalin komunikasi yang baik dengan sesama petugas dan seluruh jemaah calon haji, baik berada di tanah air maupun selama berada di tanah suci nantinya,” ujarnya.

Sementara, Adlin Tambunan mengatakan, menunaikan ibadah haji bukan untuk dipuji orang lain, hanya mencari gelar saja, atau untuk mencari harta kekayaan di tanah suci sana, tapi dalam melakukan ibadah haji ini didorong oleh kuatnya keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

“Ibadah haji yang akan bapak dan ibu laksanakan, hendaknya akan bermuara pada perubahan perilaku, tidak hanya menjadi lebih baik bagi diri sendiri, tetapi juga bagi orang lain, daerah dan negara, mengingat kesemua bentuk ibadah haji berakhir pada kontrak atau perjanjian kita sebagai makhluk kepada Allah sebagai sang pencipta untuk berhenti dan meninggalkan segala sifat dan tabiat yang tidak baik yang pernah kita kerjakan sebelumnya,” ujarnya.

Ia berharap keberangkatan para jemaah calon haji dari Kabupaten Sergai selain untuk fokus melaksanakan berbagai rukun haji, juga diharapkan mampu bertindak sebagai duta-duta bangsa dan duta daerah yang berbaur dengan berbagai suku bangsa, umat Islam dari seluruh penjuru dunia.

Oleh karena itu dapat memelihara dan menjaga martabat dan kebersamaan, serta menghormati tradisi yang dimiliki bangsa lain.

“Selamat jalan kepada seluruh jemaah calon haji. Semoga selalu diberi kesehatan, kelancaran dalam melaksanakan ibadah haji, diberi keselamatan selama perjalanan berangkat maupun pulang dari tanah suci nantinya, serta mendapat predikat haji mabrur. Amin,” ucapnya.

Diketahui, jumlah jemaah calon haji asal Sergai yang tergabung dalam Kloter 16 sebanyak 319 orang dan ditambah delapan orang petugas haji.

Pelepasan turut dihadiri Ketua DPRD Sergai M Ilham Ritonga, Kapolres Sergai AKBP Oxy Yudha Pratesta, Kajari Mayhardy Indra Putra, Pj Sekda Sergai Rusmiani Purba, Ketua TP PKK Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya, Ketua GOTPKI Sergai Ny Aini Zetara Adlin Tambunan, Camat Seirampah Fitrianti. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru