24 C
Medan
Minggu, Oktober 6, 2024

Bupati Sergai: Maksimalkan Peran Pelayanan Kesehatan untuk Masyarakat

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Sergai (buseronline.com) – Posyandu sebagai perwujudan dari peran serta masyarakat, tidak serta merta hadir dan bergerak dengan sendirinya. Hal itu disampaikan Bupati Sergai H Darma Wijaya membuka pelatihan Kader Posyandu yang dilaksanakan TP PKK Sergai di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai di Seirampah.

Ia mengatakan dukungan pemerintah terhadap keberadaan dan kesinambungan Posyandu terus diupayakan. Berbagai kebijakan telah dibuat dengan bermacam kegiatan dan program yang telah dilaksanakan agar Posyandu tetap eksis dan menjadi gerbang terdepan pemberdayaan masyarakat.

Ia menekankan, upaya peningkatan peran dan fungsi Posyandu menjadi tanggung jawab semua pihak, termasuk kader Posyandu. Peran kader dalam penyelenggaraan Posyandu sangat besar, selain sebagai pemberi informasi kesehatan kepada masyarakat, juga sebagai penggerak masyarakat untuk datang ke Posyandu dan melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat.

Darma Wijaya mengatakan, peningkatan kapasitas kader Posyandu sangat penting, hal ini untuk memberikan pengetahuan tentang tugas dan perannya, sehingga Posyandu akan lebih baik.

“Kader Posyandu juga sebagai perpanjangan tangan Puskesmas dalam memantau tumbuh kembang anak sehingga harus berperan lebih aktif untuk menciptakan generasi muda menjadi generasi emas yang lebih produktif,” katanya.

Pria yang akrab disapa Bang Wiwik ini berharap, para kader Posyandu dapat memaksimalkan perannya dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Selain itu, dapat mengontrol kehamilan pada ibu agar mendapatkan nutrisi yang baik, sehingga anak yang dikandung tidak mengalami stunting.

“Semoga para kader yang mengikuti pelatihan ini, dapat menjadi fasilitator dan dinamisator kegiatan Posyandu disetiap desa atau kelurahan, sehingga kualitas pelayanan Posyandu semakin meningkat, juga membuat masyarakat kita selalu berperilaku hidup sehat, dengan upaya penyehatan lingkungan, keluarga sadar gizi, dan yang tak kalah pentingnya kesehatan ibu, bayi dan anak balita,” ujarnya.

Ketua TP PKK Sergai Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya mengatakan, PKK terus berupaya meningkatkan kiprahnya serta membantu tugas-tugas pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh, khususnya untuk perempuan dan anak.

“Kita ketahui bahwa Posyandu sebagai perwujudan dari peran serta masyarakat yang hadir dengan dukungan pemerintah. Melalui beragam program dan kegiatan yang dilaksanakannya seperti Posyandu, akan tetap eksis dan menjadi gerbang terdepan dalam pemberdayaan masyarakat,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Penyelenggara Ny Hj Aini Zetara Adlin Tambunan menyampaikan, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan kapasitas kader Posyandu dalam melaksanakan tugas dan fungsinya di bidang pelayanan kesehatan masyarakat, khususnya ibu dan balita.

“Peserta yang hadir adalah para Kader Posyandu di Kabupaten Sergai berjumlah 136 orang berasal dari seluruh kecamatan se Kabupaten Sergai,” jelasnya. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru