24 C
Medan
Minggu, Oktober 6, 2024

HMI dan Diskop Sumut Sosialisasi Perkoperasian bagi Mahasiswa

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Badan Koordinasi (Badko) HMI Sumut dan Dinas Koperasi UKM Sumut sosialisasi perkoperasian dan kewirausahaan bagi mahasiswa, di UIN Sumut, Medan.

Kadis Koperasi dan UKM Sumut Dr Naslindo Sirait menyampaikan bahwa hasil penelitian U-Report UNDP tahun 2019 menunjukkan, dari 81 persen pemuda yang berminat untuk berwirausaha hanya 8 persen di antaranya yang benar-benar memiliki bisnis.

“Niat saja tidak cukup. Perlu kemauan yang keras, motivasi diri yang bagus, tanggung jawab, disiplin, integritas, jejaring dan keterampilan, dalam memulai dan mengembangkan bisnis,” ucap Naslindo kepada 100-an mahasiswa yang hadir tergabung dalam Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam Sumatera Utara (Badko HMI Sumut).

Selain tantangan dari dirinya sendiri, anak muda saat ini juga memiliki keterbatasan dalam mengakses permodalan dan meningkatkan daya saing karena tingginya risiko berusaha di tengah gempuran pasar bebas.

Sehingga menurut Naslindo, alternatif terbaik untuk mewujudkan pemerataan kesejahteraan dan memperkokoh kewirausahaan di tengah generasi muda adalah dengan berkonsolidasi dalam wadah koperasi.

“Dengan berkoperasi, wirausaha muda akan terbantu dalam hal permodalan, pemasaran, serta tata kelola bisnis. Ketika skala ekonominya terpenuhi, biaya-biaya juga jadi lebih efisien. Kekuatan 100 orang tentu lebih baik daripada 1 orang saja,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima wartawan.

Naslindo juga memaparkan berbagai peluang usaha yang dapat digeluti oleh anak muda, khususnya di kategori sociopreneur dan creativepreneur yang relevan dengan keilmuan, keterampilan serta minat-bakat mereka.

“Dalam data kami, mayoritas UMKM hari ini dimiliki oleh mereka yang berusia 40 tahun ke atas, sehingga mereka tidak selalu bisa memaksimalkan fitur-fitur digital. Anak muda bisa masuk ke ranah ini dengan membantu meng-endorse usaha mereka, membuatkan konten media sosial, membentuk agensi pemasaran digital atau meriset kebutuhan pasar untuk UMKM,” tuturnya.

Menutup pemaparannya, Naslindo Sirait menyatakan komitmen penuh dari Pemprov Sumut dalam mendorong, mendampingi dan memfasilitasi anak-anak muda Sumut yang ingin belajar merintis dan mengelola koperasi secara profesional, kreatif dan kekinian. Hadir pengurus HMI Cabang Medan dan Ketua Badko HMI Sumut Abdul Rahman didampingi pengurus HMI. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru