26 C
Medan
Senin, Juli 1, 2024

Dishub Sumut Gelar Pelatihan Safety Riding Tekan Angka Lakalantas

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Dinas Perhubungan (Dishub) Sumut bersama Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub RI, Indonesia Road Safety Partnership (IRSP), Dishub Medan, Dishub Binjai, Dishub Deliserdang, Jasa Raharja dan Tim Astra Honda Motor (AHM) mengadakan pelatihan safety riding untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) di Sumut.

Pelatihan itu digelar di kantor PT Indaco, Jalan Setia Budi Medan, selama empat hari dari tanggal 11-14 Juni 2024.

Kadishub Sumut Dr Agustinus Panjaitan MT menegaskan, pentingnya pelatihan dalam menekan angka Lakalantas, salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia.

“Pada tahun 2022 tercatat 1.607 nyawa melayang, dan pada tahun 2023 jumlahnya mencapai 1.559 jiwa. Tragisnya dalam empat bulan pertama 2024, sebanyak 549 orang meninggal dunia di Sumut, rata-rata empat orang per hari,” kata Agustinus Panjaitan kepada wartawan di Medan.

Mengutip data dari World Health Organization (WHO), Agustinus menekankan bahwa setiap tahunnya sekitar 1,35 juta jiwa meninggal dunia akibat Lakalantas di seluruh dunia.

“Angka ini menunjukkan bahwa keselamatan di jalan raya harus menjadi perhatian serius kita bersama. Para pemangku kewajiban penyelenggaraan lalu lintas dan angkutan jalan. Karena selain mengakibatkan korban jiwa dampak dari Lakalantas akan sangat berpengaruh pada perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” tegasnya.

Pelatihan itu tidak hanya berupa teori, tetapi juga melibatkan praktik langsung. Para peserta diharapkan mampu menjadi agen perubahan dan teladan dalam mempromosikan budaya berkendara yang aman di masyarakat.

“Semoga niat baik kita untuk menurunkan angka lakalantas dan meningkatkan budaya tertib berlalu lintas mendapatkan ridho serta kemudahan dari Allah,” pungkasnya. (R)

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru