26 C
Medan
Rabu, Juni 26, 2024

Kadishub Sumut Serukan Pentingnya Keselamatan Berkendara

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Kepala Dinas Perhubungan Sumut Dr Agustinus Panjaitan MT menegaskan, pentingnya pelatihan keselamatan berkendara (safety riding) dalam upaya menurunkan angka kecelakaan lalu lintas. Penegasan itu disampaikan dalam acara penutupan Pelatihan Safety Riding yang berlangsung di Aula Balai Besar Guru Penggerak Sumut, Jalan Kenanga Raya, Medan, Jumat (14/6/2024).

Acara itu dihadiri perwakilan dari Balai Penyelenggara Transportasi Darat kelas 2 Sumut, Dishub Sumut, Dishub Binjai, Dishub Kota Medan, Dishub Deliserdang, Indonesia Road Safety Partnership (IRSP), PT Indako Trading Coy dan Tim Astra Honda Motor (AHM).

Siaran pers yang diterima wartawan, Agustinus mengatakan keprihatinannya terhadap tingginya angka kecelakaan lalu lintas di Sumut. Berdasarkan data Ditlantas Polda Sumut tahun 2023 terjadi 6.739 kecelakaan dengan korban meninggal dunia 1.559 orang, luka berat 2.219 orang dan luka ringan 7.652 orang. “Rata-rata empat orang meninggal dunia setiap harinya di Sumut,” jelasnya.

Agustinus menambahkan, kecelakaan lalu lintas disebabkan tiga faktor utama pengemudi 61 persen kendaraan 9 persen, dan lingkungan 30 persen.

“Pengemudi adalah faktor terbesar penyebab kecelakaan lalu lintas yang terjadi. Karena itu, pelatihan safety riding yang diselenggarakan ini merupakan kegiatan yang sangat penting dan diharapkan dapat diselenggarakan secara berkala di masa yang akan datang,” tambahnya.

Selama pelatihan, para peserta telah dibekali dengan berbagai materi penting, antara lain, peraturan perundang-undangan lalu lintas dan angkutan jalan, memprediksi bahaya, keseimbangan berkendara, pengereman, gerakan menikung dan teknik berkendara kelompok.

Agustinus menekankan materi-materi yang disampaikan para narasumber bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan keterampilan para peserta dalam menerapkan perilaku berkendara yang aman di jalan.

Selain pelatihan safety riding selama 2023, Dishub Sumut juga telah mengedukasi 15 ribuan pelajar di 97 SMA/SMK sederajat di Sumut tentang pentingnya keselamatan berkendara.

Edukasi keselamatan berkendara kepada para pelajar terus gencar dilakukan di tahun 2024 untuk memastikan generasi muda memiliki pemahaman yang kuat tentang pentingnya keselamatan di jalan raya.

Presiden IRSP Dr Elly Adriani Sinaga, turut menyampaikan keprihatinannya terhadap tingginya angka kecelakaan sepeda motor di Indonesia. “Hampir 7 juta unit sepeda motor beroperasi di Indonesia, dan 75 persen kecelakaan lalu lintas melibatkan sepeda motor,” ujarnya.

Sekretaris Dishub Medan Suriono turut memberikan harapan agar pelatihan itu menjadi awal dari kolaborasi yang berkelanjutan.

“Mudah-mudahan pelatihan pertama ini menjadi pembukaan bagi kita untuk tetap berkolaborasi. Harapan kami, 24 peserta ini menjadi pelopor keselamatan berkendara yang baik. Ilmu yang kita dapat ini dapat kita sebarluaskan kepada orang lain paling tidak di lingkungan kerja kita,” harapnya. (R)

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru