25 C
Medan
Jumat, Juli 5, 2024

Agus Fatoni Ditunjuk Jadi Pj Gubernur Sumut

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Setelah kurang lebih 10 bulan menjadi Pj Gubernur Sumut, Mayjen TNI (Purn) Dr Hassanudin akan dirotasi dan dilantik menjadi Pj Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB).

Menurut kabar, Presiden RI Joko Widodo sendiri telah menunjuk Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah Dr Drs Agus Fatoni MSi sebagai Pj Gubernur Sumut.

Terkait pergantian Pj Gubernur Sumut itu dibenarkan Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Sumut Harianto Butarbutar SE MSi yang dikonfirmasi wartawan melalui Fungsional Ahli Madya Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Provinsi Sumut Achmad Rasyid Ritonga.

“Sudah ditunjuk Pak Presiden Joko Widodo, beliau adalah Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Agus Fatoni yang akan menggantikan Hassanudin,” kata Rasyid.

Informasi lainnya yang diperoleh wartawan, sejak kemarin Sekda Sumut dan Forkopimda lainnya sudah di Jakarta untuk menghadiri pelantikan yang dijadwalkan, Senin 24 Juni 2024.

Rasyid menjelaskan terkait pergantian kepala daerah itu sepenuhnya merupakan kewenangan pemerintah pusat dan tentu pergantian tersebut dipastikan sudah melalui kajian dan pertimbangan yang matang.

Perlu diketahui di Kemendagri, Agus Fatoni menjabat sebagai Dirjen Bina Keuangan Daerah posisi itu dia pegang sejak 12 Maret 2022.

Soal pendidikan, Agus Fatoni lulus dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) pada tahun 1994. Kemudian melanjutkan sekolah sarjana dan lulus dari Institut Ilmu Pemerintahan (IIP) Jakarta lulus tahun 1999.

Agus Fatoni juga menyelesaikan pendidikan Magister (S2) Ilmu Pemerintahan di Universitas Padjadjaran lulus tahun 2003 dan Doktor (S3) Ilmu Pemerintahan di Universitas Padjadjaran, lulus tahun 2009.

Kariernya dimulai dengan menjadi ajudan Gubernur/Kepala Daerah Tingkat I Lampung pada 1995-1997 hingga kemudian bertugas di Kemendagri.

Secara lengkap, berikut riwayat pendidikan dan jabatan Agus Fatoni: SMAN 1 Tanjungkarang, Bandar Lampung (lulus 1991), Diploma III Pemerintahan, STPDN Jatinangor (lulus 1994). Kepala Staf Pribadi Mendagri, Kasubdit DBH Ditjen Keuda Kemendagri dan Kasubdit DBH Ditjen Keuda Kemendagri. (R)

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru