26 C
Medan
Senin, Juli 8, 2024

KONI Deliserdang Gelar Donor Darah

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tanjungmorawa (buseronline.com) – KONI Deliserdang bersama Unit Transfusi Darah RSUD H Amri Tambunan dan Dinas Kesehatan daerah itu menggelar donor darah dan sehat di Desa Buntu Bedimbar (Lapangan Bola depan SMAN 1), Tanjungmorawa. Kegiatan itu dalam rangka menyemarakkan HUT ke-78 Kabupaten Deliserdang.

Aksi tersebut diikuti ratusan pelajar tingkat SMA memadati lapangan tersebut untuk mengikuti senam sehat. Begitu juga antusias masyarakat mengikuti donor darah.

Ketua Umum KONI Deliserdang dr Asri Ludin Tambunan diwakili oleh Bendahara, Rinaldi Samosir, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan membantu sesama dan menyelamatkan banyak nyawa.

“Setetes darah yang kita sumbangkan sangat bermanfaat bagi yang membutuhkan. Selain itu, donor darah juga dapat membuat tubuh lebih sehat,” kata Rinaldi Samosir.

Ia berharap, kegiatan yang mereka gelar dapat menjadi momentum penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya donor darah.

Koordinator Donor Darah KONI Deliserdang dr Silvia Karlia menambahkan, manfaat donor darah bagi kesehatan cukup banyak. Seperti menurunkan resiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah.

Kemudian dapat menurunkan kekentalan darah yang menjadi penyebab dari penyakit jantung, serta membantu menurunkan berat badan.

Menurut dia, setiap orang dapat melakukan donor darah setidaknya 3-4 kali pertahun. Sehingga dapat menghindari efek buruk dalam tubuh.

“Karena setiap 3 bulan adalah waktu yang cukup untuk seorang pendonor memproduksi sel-sel darah yang baru,” tutur dr Silvia. (R)

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru