25 C
Medan
Jumat, Juli 5, 2024

Sambut HUT ke 78 Bhayangkara, Polri Gelar Baksos dan Bansos Serentak di Seluruh Polda

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jakarta (buseronline.com) – Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memimpin acara bakti sosial dan penyerahan bantuan sosial serentak dalam rangka Hari Bhayangkara ke-78 tahun 2024 yang digelar di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan menghadiri juga secara langsung kegiatan tersebut.

Aslog Polri yang juga sebagai Ketua Seksi Baksos dan Bansos, Irjen Pol Argo Yuwono mengatakan, bahwa rangkaian acara meliputi pemberian bansos, bantuan air bersih hingga kegiatan bersih-bersih rumah ibadah.

Hal tersebut dilaksanakan secara serentak dari 14 Juni hingga 30 Juni 2024 di seluruh Indonesia.

Adapun, kata Irjen Argo, sasaran kegiatan amal yang dilakukan oleh Polri menjelang HUT ke-78 Hari Bhayangkara meliputi pedagang kaki lima, yayasan panti asuhan, mahasiswa perantau hingga korban PHK.

“Adapun pelaksanaan baksos dan bansos meliputi bantuan sosial sembako, bakti sosial religi, bedah rumah dan pembangunan fasilitas air bersih, dilaksanakan mulai tanggal 14 Juni sampai tanggal 30 Juni 2024 oleh Mabes Polri dan jajaran secara serentak,” ucap Irjen Argo Yuwono, di Lapangan Bhayangkara, Jakarta.

Selain itu, Irjen Argo menjelaskan bahwa terdapat 315.718 paket sembako yang dibagikan. Juga terdapat 558 bangunan yang akan mendapat bantuan bedah rumah.

Bakti religi yang juga dilakukan dengan perbaikan tempat di 4.562 rumah ibadah yang ada di Indonesia.

“Kegiatan ini akan berlanjut terus tidak hanya sejumlah ini, nantinya berlanjut terus sampai akhir bulan Juni karena beberapa dari Polda tadi menyampaikan bahwa ada beberapa yang belum dilaporkan, sedang dalam proses perbaikan rumah yang masih berlangsung,” ucap Irjen Argo.

“Artinya bahwa anggota personel kepolisian bersama masyarakat itu membersihkan tempat ibadah, memperbaiki tempat ibadah, jadi bagaimana mempercantik tempat ibadah,” sambung Irjen Argo.

Sedangkan untuk pemberian akses air bersih, dilakukan pada daerah yang kekurangan air.

Pemberian air bersih itu sedang dilakukan dan melibatkan sejumlah Polda di beberapa titik yang terdampak kekeringan dan krisis air bersih.

“Kemudian juga ada pembangunan air bersih, terutama banyak dari jajaran masyarakat yang di wilayah. Banyak yang kekurangan dan kekeringan melanda,” ucap Irjen Argo.

Sebagai informasi, Kapolri menyerahkan bansos secara simbolis kepada driver ojek online, ibu rumah tangga dan elemen masyarakat lainnya. Ada juga pembagian kursi roda kepada para penyandang disabilitas.

Turut hadir, Kepala BNPT Komjen Pol Mohammed Rycko Amelza Dahniel, Sestama Lemhanas RI Komjen Pol RZ Panca Putra, Wakapolri Komjen Pol Agus Andrianto, Kabaharkam Polri Komjen Pol Fadil Imran, Irwasum Polri Komjen Pol Ahmad Dofiri, Kabareskrim Polri Komjen Pol Wahyu Widada, serta PJU Mabes Polri lainnya. (R3)

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru