25 C
Medan
Minggu, Juli 7, 2024

Polda Sumut Rayakan HUT ke-78 Bhayangkara

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Polda Sumut menggelar perayaan HUT ke-78 Bhayangkara dengan nuansa adat batak berlangsung di Lapangan KS Tubun Mapolda Sumut.

Kegiatan HUT ke-78 Bhayangkara diawali dengan barisan dari Komunitas Rumahela dan Panglima Mata Mual pimpinan Dr Hinca Panjaitan SH MH yang membawa air suci dan bibit tanaman Aren diiringi gondang Batak.

Peserta barisan berkeliling membawa air suci dan bibit tanaman aren yang diserahkan kepada Kapolda Sumut Komjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni dan Pangdam I/BB Mayjen TNI Mochammad Hasan.

“Air suci ini dikumpulkan selama sebulan penuh dari 136 titik mata air dan bibit tanaman aren ini sebagai simbol kehidupan,” kata Hinca.

Ia menyebut air dan tanaman pohon satu kesatuan, tidak ada air jika tidak ada pohon dan sebaliknya tidak ada pohon jika tidak ada air.

Indonesia tahun 2024 menjadi tuan rumah konferensi air sedunia, bukan hal kebetulan namun karena Polri setia merawat air.

Pada kesempatan tersebut, Hinca juga meminta agar hari danau sedunia ditetapkan pada 1 Februari yang merupakan hari peringatan Danau Toba.

“Kami menitipkan bapak Kapolda, Pj Gubernur Sumut dan Pangdam I/BB agar hari Danau Toba, 1 Februari diusulkan ke Presiden untuk disampaikan ke dunia sebagai hari danau sedunia,” pintanya.

Usai pemberian air suci dan tananan bibit aren yang dipadu dengan lagu I Tano Batak yang dilantunkan Maria Calista bersama paduan suara Polda Sumut, selanjutnya acara dirangkai dengan pemeriksaan barisan peserta upacara HUT ke-78 Bhayangkara oleh Kapolda Sumut, Komjen Pol Agung Setya Imam Effendi yang bertindak sebagai inspektur upacara.

Kegiatan dirangkai dengan atraksi dari berbagai kesatuan Polri, TNI dan personel lainnya yang ditampilkan hingga upacara HUT ke-78 Bhayangkara selesai.

Usai upacara selesai, Kapolda Sumut didampingi isteri memotong nasi tumpeng sebagai puncak perayaan HUT ke-78 Bhayangkara dan membagikannya kepada Pangdam I/BB, PJ Gubernur Sumut dan tamu lainnya.

Dalam testimoninya, Agung menyampaikan ungkapan terima kasih kepada para tamu yang hadir pada perayaan HUT ke-78 Bhayangkara.

“Pada peringatan HUT ke-78 Polri ini, jadi momen bagi kami, Kapolda Sumut beserta 20.584 personel Polri yang ada di Sumut merayakan hari ulang tahun ini. Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan, dorongan, masukan- masuksan dan kritik untuk tetap tegak berdiri untuk bersama-sama mewujudkan memelihara kamtibmas,” ucapnya.

Agung juga berterima kasih kepada personel Polda Sumut yang berjasa dalam menjaga kamtibmas. “Pada kesempatan ini, pertama saya menyampaikan ucapan selamat yang setinggi-tingginya atas dedikasi pada anggota gugur dalam tugas. Kedua, buat kepolisian yang hari ini dan seterusnya memberi kenyamanan, perlindungan dan pengayoman dilalukan dan bisa dirasakan masyarakat,” sebutnya.

Agung menyampaikan, Polri presisi dengan tema membangkitkan ekonomi untuk kemajuan bangsa. “HUT ke-78 ini kita maknai dengan tema Polri yang presisi satu tujuan kita mewujudkan kemajuan, kemakmuran dengan peningkatan ekonomi,” jelasnya.

“Kita di Sumut bisa duduk bersama bersinergi dan berkolaborasi untuk membangkitkan ekonomi kita, membangkitkan semua sumber hidup, peradaban untuk untuk kita jaga demi kemakmuran masyarakat,” sambungnya sembari meminta maaf jika ada hal yang belum berkenan dalam pelaksanaan tugas-tugas.

Sementara itu, Pangdam I/BB pada kesempatan tersebut juga memberikan ucapan selamat dengan terlebih dahulu memotong nasi tumpeng dan menyuapi Kapolda Sumut. Pangdam I/BB mengatakan akan terus bersama dengan Polda Sumut perduli akan generasi muda di Sumut.

“TNI akan selalu di belakang Polda Sumut dalam menyelamatkan generasi muda dengan memberantas narkoba,” tegasnya sambil mengingatkan agar jangan ada yang ingin memecah keharmonisan TNI/Polri. (R)

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru