25 C
Medan
Kamis, September 19, 2024

Penangkapan Anggota KKB di Nabire: Tindakan Tegas Satgas Damai Cartenz-2024

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Papua (buseronline.com) – Pada Minggu (7/7/2024), Satgas Operasi Damai Cartenz-2024 melaksanakan sebuah operasi signifikan di Kampung Topo, Distrik Uwapa, Kabupaten Nabire, Papua Tengah.

Dilansir dari Humas Polri, dalam operasi tersebut, aparat berhasil menangkap inisial BL, anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang tergabung dalam Kodap VIII Intan Jaya di bawah pimpinan Undius Kogoya. Penangkapan berlangsung sekitar pukul 17:55 WIT.

Kepala Operasi Damai Cartenz-2024, Brigjen Pol Dr Faizal Ramadhani SSos SIK MH menyatakan bahwa penangkapan inisial BL merupakan hasil dari razia yang dilakukan oleh aparat gabungan dari Satgas Ops Damai Cartenz-2024, Polres Nabire, dan Polsek Topo. Razia ini dilakukan dengan tujuan untuk menangkap anggota KKB yang selama ini terlibat dalam berbagai aksi kriminal di wilayah Papua Tengah.

Menurut Brigjen Pol Dr Faizal Ramadhani, BL yang merupakan salah satu anggota penting dari KKB Kodap VIII Intan Jaya, terlibat dalam sejumlah aksi kriminal yang meresahkan masyarakat.

Aksi-aksi tersebut termasuk pembakaran rumah dinas ASN di Kampung Mamba, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya pada 20 Januari 2024, penangkapan dan pengeledahan terhadap Kepala Kampung Odiyai di Distrik Paniai Timur pada 6 Mei 2024, penembakan dan pembakaran di Kampung Uwibutu, Distrik Paniai Timur pada 22 Mei 2024, serta pembunuhan terhadap warga sipil bernama Rusli di Kampung Kopo, Distrik Paniai Timur pada 11 Juni 2024.

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024, Kombes Pol Dr Bayu Suseno SH SIK MM MH menjelaskan bahwa BL terpantau melintas di sekitar Kampung Topo saat razia sedang berlangsung. Pada saat penangkapan, BL melakukan perlawanan terhadap petugas, memaksa aparat untuk mengambil tindakan tegas.

Kombes Bayu Suseno menambahkan bahwa tindakan tegas ini diambil untuk memastikan keselamatan petugas dan kelancaran proses penangkapan. Saat ini, jenazah BL berada di RSUD Nabire. Proses identifikasi jenazah sedang dilakukan, dan setelah proses selesai, pihak keluarga yang berada di Nabire dapat mengambil jenazahnya di rumah sakit.

Kombes Bayu Suseno mengingatkan bahwa Satgas Ops Damai Cartenz-2024 berkomitmen untuk terus melakukan penindakan terhadap kelompok KKB yang mengganggu stabilitas keamanan di Papua. Operasi ini adalah bagian dari upaya berkelanjutan untuk melindungi masyarakat dari ancaman dan gangguan yang ditimbulkan oleh kelompok KKB.

Satgas akan terus bekerja keras untuk memastikan keamanan dan ketertiban di Papua, serta menindak tegas setiap individu atau kelompok yang berupaya merusak stabilitas wilayah tersebut. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru