27 C
Medan
Selasa, September 17, 2024

Bupati Tanah Datar Kunjungi Pemko Medan, Pelajari Peningkatan PAD Kota Medan

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Peningkatan signifikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Medan di bawah kepemimpinan Wali Kota Medan, Bobby Nasution, menarik perhatian Bupati Tanah Datar, Eka Putra.

Bersama unsur Forkopimda Kabupaten Tanah Datar Eka Putra melakukan kunjungan kerja ke Pemko Medan untuk mempelajari dan mendapatkan masukan mengenai strategi peningkatan PAD tersebut.

Rombongan Bupati Tanah Datar diterima Wakil Wali Kota Medan H Aulia Rachman didampingi Pj Sekda Kota Medan Topan Obaja Putra Ginting, serta pimpinan perangkat daerah di lingkungan Pemko Medan, di Balai Kota Medan.

Aulia Rachman menjelaskan bahwa langkah-langkah peningkatan PAD dimulai dengan pendataan, verifikasi, dan validasi data wajib Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), yang merupakan sumber PAD terbesar bagi Pemko Medan.

Selain PBB, PAD juga diperoleh dari pajak-pajak lainnya seperti hotel, restoran, reklame, dan tempat hiburan. Selain sektor pajak, Pemko Medan juga terus berupaya meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya bagi pelaku UMKM.

“Kami mendorong agar setiap kelurahan memiliki ekonomi kreatif. Produk UMKM dibantu masuk ke e-katalog dan dibeli oleh Pemko Medan, seperti makanan dan minuman yang merupakan produk UMKM,” jelas Aulia Rachman. Langkah ini dinilai meningkatkan kreativitas dan perkembangan UMKM.

Aulia Rachman juga menambahkan bahwa kebijakan e-parking yang diterapkan di lebih dari 100 ruas jalan di Kota Medan turut menambah pemasukan PAD. Baru-baru ini, Pemko Medan juga meluncurkan program parkir berlangganan untuk mencegah kebocoran PAD dari sektor parkir.

Keterlibatan unsur Forkopimda Kota Medan dalam penagihan pajak juga sangat berpengaruh terhadap peningkatan PAD Kota Medan. “Kami sangat kompak dengan Forkopimda, karena kekompakan dan PAD yang kuat adalah kunci dalam mencapai lima program prioritas kami,” pungkas Aulia Rachman.

Bupati Tanah Datar Eka Putra menjelaskan bahwa kunjungan kerja ini bertujuan untuk mempelajari strategi Wali Kota Medan dalam meningkatkan PAD, meskipun wilayah Kota Medan tidak terlalu luas.

“Kami sangat berterima kasih apabila bisa mempelajari cara Pak Bobby meningkatkan PAD Kota Medan,” kata Eka Putra.

Pertemuan yang berlangsung dengan hangat ini diakhiri dengan sesi foto bersama dan pertukaran cinderamata, menunjukkan semangat kerjasama yang baik antara kedua pemerintah daerah. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru