27 C
Medan
Selasa, September 17, 2024

Komitmen Kemendikbudristek: Festival Pasca Penciptaan 2024 oleh ISI Surakarta

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jakarta (buseronline.com) – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI terus mendukung kreativitas seni di Indonesia melalui kolaborasi dengan para pelaku seni untuk memperkuat ekosistem kesenian.

Salah satu wujud nyata dukungan ini adalah penyelenggaraan Festival Pasca Penciptaan 2024 oleh Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, yang akan berlangsung pada 12-14 Juli 2024 di Kampus Kentingan dan Mangkunegaran, Jawa Tengah.

Festival ini diinisiasi oleh program pascasarjana ISI Surakarta dengan mengusung tema “60 Tahun ISI Solo: Transformasi dan Jati Diri untuk Kejayaan Negeri”. Dalam acara ini, karya-karya seni terbaik mahasiswa pascasarjana ISI akan dipamerkan kepada publik.

Ahmad Mahendra, Direktur Perfilman, Musik, dan Media di Direktorat Jenderal Kebudayaan, menyatakan bahwa Festival Pasca Penciptaan 2024 adalah platform bagi seniman, khususnya mahasiswa pascasarjana ISI Surakarta, untuk menghasilkan karya yang mengedepankan nilai-nilai budaya Nusantara.

Menurut Mahendra, seni memiliki banyak ruang untuk dijadikan sumber pengetahuan yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Melalui kegiatan ini, ISI Surakarta telah mengeksplorasi nilai besar budaya masyarakat Nusantara. Semoga karya-karya yang dihasilkan dari Festival Pasca Penciptaan 2024 dapat memperkuat kemajuan budaya dan seni Indonesia,” katanya.

Rektor ISI Surakarta, I Nyoman Sukerna menambahkan bahwa Festival Pasca Penciptaan 2024 adalah ajang kolaborasi, sinergi, dan komunikasi publik yang menunjukkan bahwa ISI Surakarta telah melaksanakan tri dharma perguruan tinggi dalam konteks dan kerangka penelitian artistik.

“Institusi ini telah banyak menghasilkan lulusan yang berwawasan global dengan mengutamakan nilai budaya Nusantara melalui karya-karya mereka,” ucap Sukerna.

Sukerna juga menyebutkan bahwa banyak karya seni unggulan dari para seniman seringkali hanya dipamerkan di kalangan terbatas. Oleh karena itu, ISI Surakarta berinisiatif mengadakan festival ini untuk menampilkan karya-karya unggulan tersebut kepada masyarakat luas.

Festival Pasca Penciptaan 2024 akan menampilkan pergelaran seni, pameran seni, seni media, orasi performatif, dan seminar dengan tema “Pasca Penciptaan Lalu Apa yang Akan/Telah Dilakukan?”. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru