23.4 C
Medan
Rabu, September 18, 2024

Kolombia Tembus Final Copa America 2024 Usai Kalahkan Uruguay 1-0

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Charlotte (buseronline.com) – Kolombia melangkah ke final Copa America 2024 setelah meraih kemenangan tipis 1-0 atas Uruguay dalam pertandingan semifinal yang berlangsung di Bank of America Stadium, Kamis pagi WIB.

Gol tunggal yang membawa Kolombia ke babak puncak dicetak oleh Jefferson Lerma pada menit ke-38.

Pertandingan ini berjalan sengit sejak awal, dengan Kolombia tampil agresif namun kesulitan menembus pertahanan Uruguay.

Peluang pertama Kolombia datang pada menit ke-15 ketika Daniel Munoz menyambut umpan silang Luis Diaz dengan sundulan yang melebar dari gawang.

Darwin Nunez kemudian melewatkan kesempatan emas pada menit ke-17 dengan sepakan kerasnya yang melenceng dari sasaran.

Nunez kembali menambah frustrasi di menit ke-28 dengan sepakan melengkung yang masih melebar.

Namun, Kolombia akhirnya berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-38 melalui Jefferson Lerma, yang menanduk bola hasil sepak pojok James Rodriguez.

Bola sempat memantul tanah sebelum masuk ke pojok gawang yang dijaga Sergio Rochet.

Di masa injury time babak pertama, Kolombia hampir menggandakan keunggulan jika bukan karena penyelamatan gemilang Rochet yang menepis sepakan Richard Rios.

Namun, musibah menimpa Kolombia ketika Daniel Munoz mendapatkan kartu kuning kedua setelah menyikut perut Manuel Ugarte dan diusir keluar lapangan.

Memasuki babak kedua, Kolombia, yang kini bermain dengan 10 pemain, lebih banyak bertahan menghadapi serangan Uruguay.

Meski kesulitan, mereka tetap mampu menciptakan peluang, salah satunya pada menit ke-51 ketika sepak pojok James Rodriguez menemui kepala Cordoba, namun bola melebar.

Uruguay baru menciptakan peluang signifikan pada menit ke-71 ketika Luis Suarez, yang masuk sebagai pengganti, memperoleh bola di depan gawang dan mencoba menembak, tetapi tendangannya masih melenceng.

Uruguay terus berusaha menembus pertahanan Kolombia yang solid. Nunez dan Suarez tampak frustrasi karena kesulitan membuat peluang berbahaya.

Kolombia hampir mencetak gol kedua pada serangan balik di akhir pertandingan, namun sepakan Kevin Castano menyamping di sisi kanan gawang Uruguay.

Pada menit-menit terakhir, Uruguay mendapatkan tambahan waktu tujuh menit. Mereka terus menekan dan memiliki kesempatan melalui Giorgian De Arrascaeta, namun sepakan De Arrascaeta melayang tipis di atas mistar setelah dianggap offside.

Kolombia akhirnya mempertahankan keunggulan 1-0 hingga peluit akhir berbunyi. Kini, mereka akan menghadapi Argentina di final yang akan dilaksanakan di Hard Rock Stadium pada 15 Juli 2024.

Uruguay, di sisi lain, akan berlaga melawan Kanada dalam perebutan posisi ketiga pada 14 Juli 2024. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru