25 C
Medan
Kamis, September 19, 2024

PLN UP3 Sibolga Gelar Rawat Jaringan Gabungan Jaga Keandalan Pasokan Listrik

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Toba (buseronline.com) – PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sibolga melaksanakan pemeliharaan preventif gabungan antara PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Porsea dengan PLN ULP Balige.

Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga keandalan pasokan listrik, yang sangat penting untuk memastikan aktivitas pelanggan tetap berjalan normal.

Manager PLN UP3 Sibolga Gebyar Pandito, Senin (15/7/2024) menjelaskan bahwa pemeliharaan preventif ini adalah salah satu upaya PLN dalam menjaga kualitas pasokan listrik yang andal kepada pelanggan. Gebyar menekankan bahwa listrik yang andal merupakan kunci untuk memastikan bahwa aktivitas pelanggan tidak terganggu.

“Pemeliharaan preventif ini dilakukan dengan mengganti berbagai komponen pada Jaringan Tegangan Menengah (JTM). Hal ini bertujuan agar pasokan listrik tetap andal,” jelas Gebyar.

Dalam pelaksanaan pemeliharaan ini, PLN menurunkan sebanyak 23 personel yang terbagi menjadi empat regu. Regu-regu ini melakukan penggantian komponen di enam lokasi berbeda pada dua penyulang yang menyuplai ke dua Unit Layanan Pelanggan (ULP) tersebut.

“Sebelum melakukan pekerjaan, setiap regu diingatkan agar selalu mematuhi SOP, aturan K3, dan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD). PLN secara konsisten melakukan pemeliharaan jaringan, gardu, ROW, serta monitoring dan evaluasi kondisi kelistrikan secara berkala,” ujar Gebyar.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumut Saleh Siswanto menyampaikan bahwa PLN terus berupaya meningkatkan layanan listrik yang andal kepada pelanggan melalui upaya pemeliharaan preventif maupun korektif.

“Berbagai upaya kami lakukan untuk meningkatkan kualitas dan keandalan pasokan listrik kepada pelanggan. Salah satunya yaitu dengan melakukan kolaborasi pekerjaan pemeliharaan antar Unit Layanan demi mencegah kerusakan pada sistem peralatan jaringan dan mengantisipasi penyebab gangguan yang mengakibatkan terganggunya distribusi pasokan listrik kepada masyarakat,” tutup Saleh.

Implementasi Budaya K3 ini merupakan salah satu penerapan budaya AKHLAK yang dicanangkan oleh Kementerian BUMN, yang menekankan pada aspek kolaborasi dan komitmen.

Langkah ini tidak hanya menunjukkan sinergi antar unit dalam melakukan pemeliharaan, tetapi juga memperlihatkan komitmen PLN dalam menghadirkan pasokan listrik yang andal dan berkelanjutan bagi masyarakat.

Dengan komitmen dan dedikasi yang tinggi, PLN berupaya untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, memastikan bahwa setiap upaya pemeliharaan dan peningkatan jaringan listrik dilakukan dengan optimal. Upaya ini sejalan dengan visi PLN untuk menjadi penyedia energi terkemuka yang berkelanjutan dan bertanggung jawab. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru