24.3 C
Medan
Jumat, Agustus 23, 2024

Uruguay Rebut Medali Perunggu Copa America 2024 Usai Kalahkan Kanada di Adu Penalti

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Charlotte (buseronline.com) – Uruguay berhasil meraih medali perunggu Copa America 2024 setelah mengalahkan Kanada dalam pertandingan perebutan tempat ketiga yang berlangsung di Bank of America Stadium, Charlotte.

Pertandingan ini berakhir dengan skor 2-2 pada waktu normal dan dilanjutkan ke adu penalti, di mana Uruguay unggul dengan skor 4-2.

Pertandingan dimulai dengan Uruguay yang tampil agresif dan berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-8. Gol pertama Uruguay dicetak oleh Rodrigo Bentancur setelah memanfaatkan umpan sepak pojok dari Sebastian Caceres. Tembakan keras Bentancur tidak bisa dihalau oleh kiper Kanada, Dayne St. Clair.

Menit ke-18, Uruguay hampir menggandakan keunggulan lewat Maximiliano Araujo, namun tembakan kaki kirinya dari jarak dekat dapat digagalkan oleh St Clair. Sebaliknya, Kanada berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-22. Moise Bombito menyundul bola hasil sepak pojok yang diteruskan oleh Ismael Kone dengan tendangan salto, mengarahkan bola ke sudut kanan gawang Uruguay yang tidak mampu dijangkau kiper Sergio Rochet.

Kanada hampir berbalik unggul sebelum babak pertama berakhir. Jonathan Osorio memperoleh peluang emas pada menit ke-43, tetapi tembakannya berhasil dihalau oleh Rochet. Tak lama setelah itu, sundulan Osorio kembali menghadapi tembok pertahanan Uruguay, kali ini dihalau oleh Nahitan Nandez yang memblok bola di garis gawang.

Memasuki babak kedua, Kanada melanjutkan dominasi mereka dengan beberapa peluang. Tani Oluwaseyi melepaskan tembakan mendatar pada menit ke-60, namun kiper Rochet sekali lagi menunjukkan kemampuannya dengan menyelamatkan gawang Uruguay. Uruguay berusaha membalas di menit ke-70, tetapi tembakan Luis Suarez masih bisa ditangkap oleh St Clair.

Pada menit ke-80, Kanada akhirnya berhasil memimpin 2-1. Ismael Kone melepaskan tembakan jarak jauh yang dapat ditepis oleh Rochet, namun Jonathan David menyambar bola rebound untuk menjebol gawang Uruguay. Dengan keunggulan tersebut, Kanada tampaknya akan meraih kemenangan, tetapi Uruguay menunjukkan ketahanan mereka.

Di injury time babak kedua, Uruguay berhasil menyamakan kedudukan 2-2 melalui gol Luis Suarez, yang menyelesaikan umpan silang mendatar dari Jose Maria Gimenez. Gol Suarez memaksa pertandingan dilanjutkan ke adu penalti.

Dalam drama adu penalti, Uruguay tampil lebih baik. Keempat penendang Uruguay, yaitu Federico Valverde, Rodrigo Bentancur, Giorgian de Arrascaeta, dan Luis Suarez, berhasil menjalankan tugas mereka dengan baik.

Sementara itu, dua penendang Kanada, Ismael Kone dan Alphonso Davies, gagal mencetak gol. Kone tembakannya berhasil ditepis oleh Rochet, sementara tembakan Davies membentur tiang gawang.

Dengan kemenangan ini, Uruguay meraih posisi ketiga dalam turnamen, sementara Kanada harus puas dengan posisi keempat. Hasil ini menutup perjalanan Copa America 2024 dengan Uruguay sebagai pemenang perebutan tempat ketiga dan Kanada berada di posisi keempat. (R)

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru