27 C
Medan
Selasa, September 17, 2024

Bobby Nasution Dorong Kesehatan dan Produktivitas Lansia di Peringatan HLUN ke-28

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Ratusan lansia berkumpul di Gelanggang Mahasiswa UIN Sumut, Selasa (16/7/2024) untuk merayakan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-28 Kota Medan. Acara yang diadakan Pemko Medan melalui Dinas Sosial ini bekerja sama dengan Lembaga Lanjut Usia Indonesia (LLI) Medan.

Hadir dalam acara tersebut, Wali Kota Medan Bobby Nasution menyampaikan apresiasinya atas pengukuhan pengurus LLI kecamatan se Kota Medan periode 2023-2028.

Saat ini, LLI Kota Medan telah hadir di 21 kecamatan. “Kami berharap kehadiran LLI di kecamatan dapat memastikan kesehatan dan produktivitas setiap lansia,” kata Bobby.

Acara ini juga dihadiri Ketua LLI Medan Renward Parapat, pengurus LLI Sumut Ilyas, Dandim 0201/Medan Kolonel Inf Ferry Muzzawad, dan Penasehat LLI Arman Chandra. Bobby meminta Dinas Kesehatan untuk membantu memfasilitasi pengurus LLI kecamatan dalam berkoordinasi dengan Puskesmas dan fasilitas kesehatan lainnya.

Bobby menekankan pentingnya koordinasi antara LLI dan Pemko untuk memastikan lansia tetap produktif melalui berbagai aktivitas.

“Jika lansia terus beraktivitas, motorik dan daya ingat mereka akan terasah. Sebaliknya, jika berhenti, kapasitas mereka bisa menurun,” jelasnya.

Ia juga menyarankan kolaborasi LLI dengan Dispora untuk mengadakan kegiatan seperti olahraga catur yang mengasah motorik.

Fahrizar Iskandar Harahap (73), salah satu lansia yang hadir, mengungkapkan bahwa di masa kepemimpinan Bobby Nasution, perhatian Pemko terhadap lansia sangat besar.

“Kami bisa menjalankan seluruh program berkat bantuan dan bimbingan Wali Kota Medan,” ujarnya.

Kadis Sosial Medan Khoiruddin Rangkuti menjelaskan bahwa peringatan HLUN ke-28 ini bertujuan sebagai ajang silaturahmi antar lansia sekaligus menambah pengetahuan dan wawasan dalam pencegahan penyakit.

“Kami ingin mewujudkan lansia yang Sehat, Mandiri, Aktif, dan Produktif,” pungkasnya. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru