26 C
Medan
Minggu, September 8, 2024

Polda Kaltim Gelar Pengarahan untuk Pastikan Keamanan Pilkada 2024

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Balikpapan (buseronline.com) – Menjelang pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024, Polda Kalimantan Timur (Kaltim) melalui Direktorat Pembinaan Masyarakat menggelar pengarahan untuk Bhabinkamtibmas, Linmas, dan organisasi masyarakat (Ormas) di seluruh Kalimantan Timur. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung BSCC Dome, Balikpapan.

Dalam acara tersebut, AKBP Indras Budi Purnomo SIK MM, Plh Kasubdit Binpolmas Polda Kaltim yang mewakili Dirbinmas, menekankan pentingnya kerjasama antara Bhabinkamtibmas, Linmas, dan ormas untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) selama masa Pilkada.

“Kami menginstruksikan kepada para Bhabinkamtibmas untuk proaktif memantau perkembangan situasi di wilayah mereka. Langkah preemtif seperti pemetaan potensi gangguan dan pembinaan masyarakat sangat diperlukan,” ujarnya.

Selain itu, AKBP Indras juga menekankan pentingnya komunikasi yang efektif antara penyelenggara pemilu dan seluruh komponen masyarakat. “Kerjasama yang baik dapat mengatasi potensi masalah sehingga Pilkada serentak dapat berjalan dengan aman, tertib, dan demokratis,” tambahnya.

Pengarahan ini dihadiri berbagai pihak, termasuk Plh Kasubdit Binpolmas Ditbinmas Polda Kaltim, Kasubdit Satpam/Polsus, Kasubdit Bhabinkamtibmas, Kasubdit Bintibsos, serta Bhabinkamtibmas dari Polresta Balikpapan, Polresta Samarinda, Polres Kukar, dan Polres PPU.

Juga hadir perwakilan anggota Linmas dan Ormas se Kaltim, serta narasumber seperti Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Kaltim, Kepala Bidang Pemberdayaan Kelembagaan dan Sosial Budaya DPMD Provinsi Kaltim, dan Kabid Linmas Provinsi Kaltim.

Dengan diadakannya pengarahan ini, diharapkan sinergi antara semua pihak dapat semakin kuat sehingga pelaksanaan Pilkada serentak 2024 di Kalimantan Timur berjalan dengan lancar dan aman. (R3)

Berita Lainnya

Berita Terbaru