27 C
Medan
Selasa, September 17, 2024

Sergai Berpotensi Jadi Sentra Buah Naga

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Sergai (buseronline.com) – Wakil Bupati Sergai H Adlin Tambunan, mendorong masyarakat untuk mengembangkan berbagai komoditas pertanian sebagai langkah alternatif untuk meningkatkan pergerakan ekonomi masyarakat. Salah satu komoditas tersebut adalah buah naga.

Menurut Adlin, Kabupaten Sergai memiliki potensi besar untuk menjadi sentra buah naga.

“Pemerintah siap mendukung perkembangan pertanian, namun hal itu harus dimulai dari keinginan dan usaha para petani di Sergai yang berjuluk Tanah Bertuah Negeri Beradat ini,” ujar Adlin saat meninjau kebun buah naga milik Satria Kurniawan di Desa Simpang Empat, Kecamatan Seirampah.

Adlin menjelaskan bahwa buah naga memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi. Sebagai contoh, kebun buah naga milik Kurniawan, dengan 200 batang tanaman, mampu menghasilkan Rp7 juta hingga Rp8 juta per bulan.

“Apa yang dilakukan Satria Kurniawan merupakan contoh dan motivasi bagi para petani lainnya, bahwa kerja keras dan ketekunan akan membuahkan hasil yang memuaskan,” ujarnya.

Adlin mengungkapkan bahwa Bupati Sergai, Darma Wijaya, juga gemar bertani dan berkebun, termasuk berkebun buah naga di halaman rumahnya.

“Bupati juga hobi bertani dan berkebun. Di halaman rumahnya terlihat berbaris rapi buah naga yang sudah berbuah dan panen berkali-kali,” tambahnya.

Di Sergai, kebun buah naga juga masuk dalam kategori Desa Wisata yang ditetapkan Kemenparekraf RI.

“Desa Wisata Pondok Naga di Sei Sijenggi, Kecamatan Perbaungan, berhasil menembus peringkat 300 besar ADWI yang dinobatkan oleh Kemenparekraf RI,” jelasnya.

Pemilik kebun buah naga, Satria Kurniawan, mengucapkan terima kasih atas dukungan dan motivasi yang diberikan Wabup Sergai, Adlin Tambunan.

“Kehadiran Pak Adlin di sini menjadi semangat baru bagi saya untuk terus meningkatkan perkebunan buah naga ini,” ungkap Satria.

Sebelumnya, Adlin Tambunan bersama rombongan melaksanakan joging 8 kilometer dari Desa Firdaus menuju Desa Simpang Empat, Kecamatan Seirampah, dan melanjutkan dengan silaturahmi bersama para tokoh masyarakat.

Turut serta dalam kegiatan ini, Ketua dan Sekretaris PWI Sergai Edi Saputra dan Darmawan, Kepala Bagian Kesra Rahmat Suhendra Damanik, serta tokoh masyarakat Desa Simpang Empat. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru