26 C
Medan
Minggu, September 8, 2024

PON XXI Aceh-Sumut: Pelaku Pariwisata Dapat Bergabung sebagai Blue Volunteer

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jakarta (buseronline.com) – Pemprov Sumut mengundang pelaku pariwisata untuk turut mendukung Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut yang akan digelar pada 8-20 September 2024.

Para pelaku pariwisata diharapkan bergabung sebagai Blue Volunteer, yang akan membantu menyambut dan melayani pengunjung dari seluruh Indonesia selama acara berlangsung.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Umum Panitia Besar (PB) PON XXI, Effendy Pohan, dalam rapat Persiapan Road to PON XXI di Kantor Gubernur Sumut, Medan. Pohan menekankan pentingnya peran volunteer dalam memastikan kesuksesan acara tersebut.

“Volunteer akan menjadi elemen kunci dalam pelaksanaan PON XXI dan akan membedakan acara ini dari yang sebelumnya,” ujarnya.

PON XXI akan melibatkan tiga kategori volunteer: Green Volunteer, yang langsung terlibat dalam pelaksanaan event; Blue Volunteer, yang tetap menjalankan aktivitas sehari-hari namun berperan dalam menyambut pengunjung dengan keramahan budaya Sumut; dan Yellow Volunteer, yang bergabung untuk belajar dan mendapatkan pengalaman.

Pendaftaran untuk Green Volunteer telah ditutup, sementara Blue Volunteer diharapkan dapat bergabung dari sektor pariwisata seperti perhotelan dan travel.

Mereka akan diberikan pelatihan khusus dan atribut duta Sumut. Yellow Volunteer, yang merupakan relawan mandiri dari institusi pendidikan atau kepemudaan, juga akan mendapatkan pelatihan dan akses informasi khusus.

Asisten Administrasi Umum Setdaprovsu dan Wakil Ketua Harian II PBPON 2024, Lies Handayani menambahkan bahwa penyelenggaraan PON XXI merupakan upaya bersama.

“Mari kita ciptakan momen yang positif dan dikenang dengan melibatkan berbagai pihak,” ajaknya kepada anggota Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), dan organisasi lainnya.

Faisal Arif Nasution, Ketua Bidang Pemasaran sekaligus Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, menekankan bahwa PON XXI adalah kesempatan yang istimewa. “Mari kita jadikan PON XXI di Sumut sebagai acara yang unik dan berkesan,” pungkasnya. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru