27 C
Medan
Selasa, September 17, 2024

Kakorlantas Tekankan Pentingnya IT dalam Pengamanan PON XXI 2024

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Aceh (buseronline.com) – Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Aan Suhanan menekankan pentingnya teknologi informasi (IT) dalam operasi pengamanan PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Dilansir dari Humas Polri, dalam kunjungan kerjanya ke Ditlantas Polda Aceh, Irjen Pol Aan menyoroti kebutuhan data yang akurat untuk pengelolaan rute lalu lintas dan parkir (rolakir).

Dalam arahannya kepada personel Ditlantas, Irjen Pol Aan menyatakan bahwa pemantauan pergerakan selama PON XXI akan berpusat di K3I (Kendali, Komunikasi, Koordinasi, dan Informasi), yang juga berfungsi sebagai Command Center.

“Semua berbasis IT. Data persimpangan, jumlah personel, data lampu merah, traffic light, dan jumlah rombongan yang melewati lokasi itu sangat penting,” ujar Irjen Pol Aan.

Irjen Pol Aan berharap, dengan pendekatan ini, PON XXI di Aceh dapat berlangsung lancar dan aman. “Mudah-mudahan dengan kunci ini, event nasional PON di Aceh bisa berjalan sesuai rencana,” tambahnya.

Ia menekankan pentingnya manajemen media untuk menyampaikan informasi rekayasa lalu lintas kepada masyarakat guna menghindari komplain akibat ketidaktahuan.

“Manajemen media penting. Dari sekarang sudah diinfokan kepada masyarakat tentang rekayasa lalu lintas,” tegas Irjen Pol Aan.

Selain itu, Irjen Pol Aan mengungkapkan bahwa presentasi kesiapan Ditlantas Polda Aceh telah mencapai 80% dari faktor penentu keberhasilan.

“Pak Dirlantas sudah mempersiapkan dengan baik. Perencanaan yang baik itu menentukan 80% keberhasilan,” katanya, seraya menekankan perhatian pada persiapan kantong parkir di venue utama.

Ia juga mengimbau semua pihak untuk berkoordinasi dengan baik. “Kolaborasi dan sinergi semua pemangku kepentingan adalah kunci keberhasilan suatu acara,” jelasnya.

Polda Aceh, lanjutnya, telah menunjukkan indikator positif dalam kolaborasi, melibatkan semua pemangku kepentingan.

Hadir dalam acara tersebut adalah Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Eddy Djunaedi, Kasubdit Jemenopsrek Ditkamsel Korlantas Polri Kombes Pol Ari Subiyanto, Kombes Pol Karsiman, Satuan Kerja Ditgakkum Korlantas Polri, Dirlantas Polda Aceh Kombes Pol M. Iqbal Alqudusy, dan jajaran Ditlantas Polda Aceh. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru