27 C
Medan
Selasa, September 17, 2024

Peran Saka Bhakti Husada Meningkatkan Kesadaran Hidup Sehat

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jakarta (buseronline.com) – Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin memimpin upacara Hari Saka Bhakti Husada (SBH) ke-39 di Lapangan Merah Kementerian Kesehatan.

Menkes Budi menekankan kontribusi SBH dalam upaya menyehatkan masyarakat Indonesia.

SBH berperan sebagai motor penggerak dalam pembangunan kesehatan melalui kegiatan-kegiatan kreatif dan inovatif, serta mendorong peningkatan kesehatan masyarakat.

Dengan 6 krida dan 32 kecakapan khusus, SBH diharapkan dapat terus bergerak dan memberikan dampak positif bagi kesehatan masyarakat.

Menkes Budi menyoroti bahwa peran utama kesehatan adalah menjaga masyarakat agar tetap sehat, bukan hanya mengobati yang sakit.

Menurutnya, inisiatif, pengetahuan, dan kemauan untuk hidup sehat harus datang dari diri sendiri.

“Itulah peran yang sangat mulia dari lebih dari 32.000 anggota Saka Bhakti Husada untuk dapat berperan aktif membina masyarakat agar mereka bisa menyadari, memahami, dan bisa melakukan hidup sehat untuk menjaga agar jangan sampai mereka dan keluarganya jatuh sakit,” ujar Menkes Budi.

Anggota SBH diharapkan dapat langsung menyentuh masyarakat di berbagai tingkatan, mulai dari rumah tangga, posyandu, hingga puskesmas.

Pentingnya perilaku hidup sehat ditekankan, seperti menjaga pola makan teratur dan rutin berolahraga minimal 30 menit sehari.

Selain itu, bagi masyarakat dewasa, pemeriksaan kesehatan rutin seperti tekanan darah, gula darah, dan lemak darah sangat disarankan.

“Saya percaya teman-teman bisa memotivasi ke masyarakat kita mulai dari lingkungan terkecil keluarga kita, teman-teman, saudara-saudara kita. Saya yakin bahwa Indonesia masa depan masyarakatnya akan hidup jauh lebih sehat dan akan berusia lebih panjang dan bisa bekerja lebih produktif,” kata Menkes Budi.

Upacara tersebut dihadiri oleh peserta pramuka Saka Bhakti Husada dari berbagai wilayah, termasuk DKI Jakarta, Jawa Barat, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Kota Bogor, BBPK Ciloto, BBPK Jakarta, dan Bapelkes Cikarang, yang menunjukkan komitmen mereka dalam mendukung kesehatan masyarakat. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru