26 C
Medan
Minggu, September 8, 2024

Joe Biden Undur Diri dari Pemilihan Presiden AS 2024

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jakarta (buseronline.com) – Presiden Joe Biden mengumumkan pengunduran dirinya dari pemilihan presiden (Pilpres) Amerika Serikat 2024.

Dalam pengumuman tersebut, Biden juga menyatakan dukungannya terhadap Wakil Presiden Kamala Harris sebagai calon presiden dari Partai Demokrat.

Dalam pernyataan yang disampaikan melalui media sosial, Minggu (21/7/2024), Biden mengungkapkan bahwa keputusan ini diambil demi kepentingan terbaik Partai Demokrat dan negara.

“Merupakan kehormatan terbesar dalam hidup saya untuk menjabat sebagai presiden anda,” kata Biden dalam surat pengunduran dirinya.

“Meskipun saya berniat untuk mencalonkan diri kembali, saya yakin bahwa demi kepentingan terbaik partai saya dan negara, saya harus mengundurkan diri dan hanya berfokus pada pemenuhan tugas saya sebagai Presiden selama sisa masa jabatan saya,” lanjutnya.

Keputusan ini membawa dampak signifikan bagi Partai Demokrat, yang kini harus beradaptasi menjelang pilpres AS pada 5 November mendatang. Namun, penunjukan Kamala Harris sebagai pengganti Biden memberikan harapan baru bagi partai.

Kamala Harris, dalam pernyataannya, Minggu (21/7/2024) waktu setempat, menegaskan komitmennya untuk meraih dukungan resmi menjelang konvensi partai yang akan digelar Agustus nanti.

“Saya merasa terhormat mendapat dukungan dari Presiden dan niat saya adalah untuk mendapatkan dan memenangkan nominasi ini,” ujar Harris.

Dilansir AFP, pengunduran diri Biden dari Pilpres AS sudah lama diperkirakan. Pengumuman resmi ini datang secara mendadak, beberapa hari setelah Biden dinyatakan positif Covid-19 dan sedang beristirahat di Delaware.

Pengunduran diri Biden juga terjadi lebih dari sepekan setelah Donald Trump menjadi sasaran penembakan saat kampanye di Pennsylvania, Sabtu (13/7/2024) lalu. Trump telah resmi diusung oleh Partai Republik untuk maju di Pilpres AS.

Desakan agar Biden mundur semakin kuat dalam beberapa minggu terakhir, terutama setelah ia disebut kalah dalam debat pertama melawan Trump. Elektabilitas Biden tercatat di angka 43 persen, sementara Trump mendapatkan 46 persen dukungan dalam jajak pendapat.

Biden berencana untuk menyampaikan pernyataan resminya secara lebih rinci di depan publik akhir pekan ini. “Saya akan berbicara di depan publik akhir minggu ini secara rinci tentang keputusan saya,” kata Biden.

“Untuk saat ini, izinkan saya menyampaikan rasa terima kasih saya yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah bekerja keras untuk melihat saya terpilih kembali,” imbuhnya. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru