26 C
Medan
Minggu, September 8, 2024

Profil Kamala Harris

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jakarta (buseronline.com) – Joe Biden resmi mengundurkan diri dari pencalonan presiden Amerika Serikat (AS) untuk pemilihan mendatang.

Melalui unggahan di media sosial, presiden petahana dari Partai Demokrat ini juga menyatakan dukungannya kepada Wakil Presiden Kamala Harris untuk menggantikan posisinya dan bersaing melawan Donald Trump.

Kamala Harris adalah wakil presiden wanita pertama di AS, sekaligus orang kulit hitam dan Asia-Amerika pertama yang menduduki jabatan tersebut. Elektabilitasnya kini menjadi sorotan sebagai pengganti Biden.

Kehidupan Awal

Kamala Devi Harris lahir di Oakland, California, pada 20 Oktober 1964. Dibesar di Berkeley, ia terlibat dalam demonstrasi hak-hak sipil sejak balita.

Ibunya, Shyamala, beremigrasi dari India untuk kuliah di University of California, Berkeley, di mana ia bertemu dengan ayah Harris, Donald, yang berasal dari Jamaika. Shyamala adalah peneliti kanker payudara terkenal, sementara Donald menjadi profesor ekonomi di Universitas Stanford.

Setelah orang tuanya bercerai saat Harris berusia tujuh tahun, ia pindah ke Montreal, Quebec, Kanada bersama ibu dan saudara perempuannya. Di sana, ia belajar bahasa Prancis dan mulai menunjukkan naluri politiknya dengan mengorganisasi protes terhadap pemilik gedung.

Pendidikan

Harris menyelesaikan pendidikan di Westmount High School, Quebec, dan melanjutkan ke Howard University di Washington DC di mana ia meraih gelar sarjana seni dalam ilmu politik dan ekonomi. Ia kemudian memperoleh gelar JD dari University of California, Hastings College of the Law pada 1989.

Karier Awal

Memulai karier sebagai wakil jaksa wilayah di Alameda County pada 1990, Harris kemudian menjadi pengacara pengelola Career Criminal Unit di Kantor Kejaksaan Wilayah San Francisco pada 1998. Ia mendirikan Biro Peradilan Anak pertama di California saat menjabat sebagai kepala Divisi Komunitas dan Lingkungan.

Pada 2003, Harris mengalahkan petahana Terence Hallinan untuk menjadi jaksa wilayah San Francisco. Kemudian, pada 2010, ia menjadi Jaksa Agung California, orang Afrika-Amerika pertama dan wanita pertama yang memegang jabatan tersebut.

Pada 2016, Harris terpilih sebagai senator AS dari California. Pada Januari 2019, ia mengumumkan pencalonannya untuk presiden namun mundur pada Desember 2019. Ia kemudian menjadi calon wakil presiden Biden dan terpilih pada 2020.

Kamala Harris menikah dengan pengacara Doug Emhoff pada 2014 dan menjadi ibu tiri bagi anak-anak Emhoff, Ella dan Cole. Harris telah menulis beberapa buku, termasuk The Truths We Hold: An American Journey dan Superheroes Are Everywhere, serta Smart on Crime: A Career Prosecutor’s Plan to Make Us Safer. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru