26 C
Medan
Minggu, September 8, 2024

Ribuan Peserta Meriahkan Jalan Sehat Harkopnas Sumut ke-77

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Ribuan pelaku koperasi dan masyarakat Provinsi Sumut turut serta dalam jalan sehat memperingati Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-77 tingkat Sumut pada Minggu (21/7/2024).

Acara tersebut diadakan di Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UMKM), Komplek PRSU, Jalan Gatot Subroto Medan.

Sekretaris Daerah Sumut Arief S Trinugroho mewakili Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni, melepas ribuan peserta dari halaman PLUT.

Arief didampingi oleh Staf Kemenkop dan UKM RI Bidang Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan, Riza Damanik, serta Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumut, Dr Naslindo Sirait MM.

Rute jalan sehat ini dimulai dari halaman UPTD PLUT, melintasi Tomang Elok Medan, dan kembali ke titik awal di komplek PRSU Medan. Setelah jalan sehat, acara dilanjutkan dengan pemotongan kue HUT ke-77 Harkopnas oleh Sekda Sumut dan pembagian kue kepada Kepala OPD, pelaku koperasi, dan tamu undangan.

Dalam kesempatan tersebut, Arief S Trinugroho menekankan pentingnya peran koperasi dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

“Koperasi bukan hanya simpan pinjam. Banyak bidang usaha lain yang dapat digarap melalui koperasi, termasuk sektor riil untuk usaha dan bisnis UMKM,” ujar Arief.

Arief juga berharap agar koperasi dapat memperkuat manajemen kelembagaan, meningkatkan kapasitas sumber daya manusia, serta memanfaatkan teknologi dan sistem informasi dalam menjalankan usahanya.

Staf Khusus Menkop dan UKM Bidang Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan, Riza Damanik, menyampaikan tiga pesan penting dari Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki. Pertama, mendorong koperasi sebagai instrumen untuk memperkuat ekonomi rakyat.

Kedua, menjaga branding koperasi dan mencerminkan peran besar koperasi bagi masyarakat. Ketiga, menciptakan ekosistem koperasi yang inovatif dan menarik bagi generasi muda.

Sebelumnya, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumut, Naslindo Sirait, mengungkapkan bahwa berbagai kegiatan telah dilakukan untuk memeriahkan Harkopnas, termasuk Lomba Gerakan Ide Bisnis Koperasi Pemuda, Lomba Essay Koperasi, Lomba Cover Mars Koperasi, dan Pemilihan Duta Koperasi Sumut. Pada hari acara, diadakan juga senam sehat, bazaar, pengobatan gratis, pasar murah, dan pemeriksaan kesehatan.

Acara ini turut dihadiri oleh Wakil Konsul Amerika Serikat di Medan, Kristy Mordhoest, serta para Ketua dan Anggota Koperasi Kabupaten/Kota se-Sumut yang merupakan binaan Dinas Koperasi dan UMKM Sumut. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru