27 C
Medan
Selasa, September 17, 2024

Ibu Iriana Apresiasi Produk Kriya UMKM Papua di Jayapura

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jayapura (buseronline.com) – Ibu Negara RI Ibu Iriana Joko Widodo didampingi Ibu Wury Ma’ruf Amin dan anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM), menghadiri forum peningkatan kompetensi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kota Jayapura, Provinsi Papua.

Acara tersebut diadakan di Ballroom Hotel Suni Abepura dan dihadiri oleh pelaku UMKM dari enam provinsi di wilayah Papua.

Dalam forum tersebut, Ibu Iriana dan anggota OASE KIM melihat secara langsung berbagai produk kriya yang dipamerkan oleh para pelaku UMKM, termasuk tas, aksesoris, dan kerajinan dari rotan.

Mereka memberikan apresiasi tinggi terhadap hasil karya para pengrajin Papua. Salah satu pelaku UMKM, Mama Nela, berkesempatan berbicara langsung dengan Ibu Iriana dan merasa senang karena Ibu Iriana bersikap netral dan terbuka untuk siapa saja.

Mama Nela menyatakan optimismenya terhadap kemajuan UMKM di Papua dan berharap pemerintah dapat mempermudah proses legalitas produk dan usaha.

Ia mengatakan bahwa banyak masyarakat Papua yang kesulitan karena persyaratan legalitas yang rumit, dan berharap agar pemerintah memberikan dukungan yang lebih besar untuk memajukan UMKM di Papua.

Sementara, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Papua, Ibu Linda Onibala mengungkapkan bahwa potensi kriya di wilayah Papua sangat besar dan masih dapat dikembangkan lebih jauh.

Menurutnya, potensi tersebut bisa ditingkatkan melalui pelatihan-pelatihan yang dapat diikuti oleh masyarakat Papua, mengingat tingginya jiwa seni masyarakat setempat. (R3)

Berita Lainnya

Berita Terbaru