26 C
Medan
Minggu, September 8, 2024

1.000 Siswa SD-SMP di Provinsi Papua Terima Bantuan Program Indonesia Pintar pada Perayaan HAN 2024

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Papua (buseronline.com) – Perayaan Hari Anak Nasional (HAN) 2024 di Provinsi Papua berlangsung meriah dengan penyaluran bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) kepada 1.000 siswa jenjang SD dan SMP. Acara ini dihadiri langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan diadakan di Istora Papua Bangkit.

Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI Suharti menekankan bahwa penyaluran PIP ini merupakan bukti nyata keberpihakan negara dalam menjamin akses pendidikan yang berkeadilan bagi seluruh anak Indonesia, terutama di wilayah Papua yang menghadapi berbagai tantangan geografis, demografis, dan sosial-ekonomi.

“Papua yang kita tahu berada di wilayah paling timur Indonesia dan didera oleh berbagai tantangan geografis, demografis, dan sosial-ekonomi dalam menjalankan roda pendidikannya, harus kita berikan perhatian guna menjamin keberlangsungan pembelajaran para siswa di sekolah,” ujar Suharti sesaat setelah menghadiri Puncak Hari Anak Nasional.

Dalam kesempatan tersebut, empat siswa menerima PIP secara simbolis. Mereka adalah Israel Noak Aplasom Dwemanser, siswa kelas 4 SD Negeri Inpres Ardipura III; Beti Cicilia Tokoro, siswa kelas 8 SMPN 6 Sentani; Janet Mozza Sabarofek, siswa SMP Negeri 9 Jayapura; dan William Abhednego Lambe, siswa SMP Kristen Kalam Kudus.

Israel Noak Aplasom Dwemanser, yang ayahnya bekerja sebagai buruh lepas dan ibunya seorang ibu rumah tangga, merasa senang dan berencana menggunakan dana PIP untuk membeli peralatan sekolah.

Sementara itu, Beti Cicilia Tokoro, anak kedelapan dari sembilan bersaudara mengungkapkan bahwa PIP dapat meringankan beban ekonomi keluarganya dan menambah semangatnya untuk belajar demi mencapai cita-citanya menjadi tentara.

Wakil Kepala SMPN 2 Kota Jayapura Polin juga menyampaikan rasa syukurnya karena salah satu siswanya, Shania Levine, kembali menerima PIP. Shania merasa bantuan ini sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan sekolahnya, seperti buku, peralatan sekolah, dan seragam.

Supervisor BRI RO Jayapura, Ade Ivanni menyatakan bahwa kerja sama dengan Kemendikbudristek memastikan percepatan pencairan dana PIP berlangsung dengan baik. Ia menambahkan bahwa kehadiran Mobil BRI mempermudah orang tua siswa dalam mengaktivasi Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan melakukan pencairan dana.

Dengan adanya bantuan PIP, diharapkan semakin banyak siswa yang termotivasi untuk melanjutkan pendidikannya dan merasakan manfaat dari program ini. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru