26 C
Medan
Minggu, September 8, 2024

Pj Gubernur Sumut Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana di Sumbar

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni telah menyalurkan bantuan senilai Rp250.639.000 untuk korban bencana alam di Provinsi Sumatera Barat.

Bantuan tersebut diberikan sebagai bentuk kepedulian Sumut terhadap bencana banjir bandang dan lahar dingin yang melanda Kabupaten Agam dan Tanah Datar pada pertengahan Mei lalu.

Dana bantuan tersebut dihimpun oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov Sumut.

“OPD, BUMD, pegawai, menghimpun dana untuk membantu saudara-saudara kita di Sumbar, hari ini kita salurkan, mudah-mudahan bisa meringankan beban saudara-saudara kita yang tertimpa musibah,” kata Fatoni dalam acara penyerahan bantuan di Aula Tengku Rizal Nurdin Medan.

Fatoni menekankan pentingnya memperkuat mitigasi bencana di Sumut untuk meminimalisir dampak dari bencana alam, mengingat Sumut merupakan salah satu daerah rawan bencana.

“Kita perlu terus memperkuat mitigasi bencana agar meminimalisir dampaknya. Ini perlu sinergitas ke semua pihak, memperkuat respons kita terhadap kemungkinan bencana,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BPBD Sumut Tuahta Ramajaya Saragih menyatakan bahwa pihaknya terus meningkatkan upaya pencegahan bencana alam. Selain itu, BPBD juga terus berlatih dan memperkuat kerja sama dengan pihak lain agar lebih tanggap terhadap bencana.

“Kita terus berupaya untuk memitigasi bencana alam, berlatih, bekerja sama agar ketika bencana terjadi kita bisa merespons dengan segera, dari Sumbar kita banyak belajar bagaimana memitigasi bencana agar tidak berdampak besar,” kata Tuahta Saragih.

Dalam acara penyerahan bantuan, Fatoni berharap bahwa bantuan ini dapat meringankan beban para korban bencana di Sumbar dan mengajak semua pihak untuk terus bersinergi dalam memperkuat mitigasi bencana di Sumut. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru