26 C
Medan
Minggu, September 8, 2024

Agus Fatoni Paparkan Strategi untuk Wujudkan ‘Sumut Mantap dan Harmoni’

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jakarta (buseronline.com) – Pj Gubernur Sumut Dr Agus Fatoni mengungkapkan sejumlah langkah konkret untuk mewujudkan ‘Sumut Mantap dan Harmoni’ sebagai bagian dari upaya percepatan pembangunan daerah. Hal ini disampaikan Fatoni dalam sebuah wawancara di program Teras Negeri di Studio Tempo, Jakarta.

“Mantap mencapai target pembangunan dalam kondisi makro ekonomi yang baik dan dilakukan selaras dalam kondisi aman dan tertib. Ini perlu dilakukan mengingat keberagaman masyarakat Sumut,” ujarnya.

Fatoni menjelaskan beberapa program prioritas untuk mencapai ‘Sumut Mantap dan Harmoni’. Program tersebut meliputi penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut 2024, Pilkada serentak, pengendalian inflasi, penurunan pravelensi stunting, pengurangan angka kemiskinan ekstrem, penanggulangan bencana, dan penanganan penyalahgunaan narkoba.

“Ini merupakan bagian dari 111 indikator keberhasilan Pj Gubernur yang menjadi tuntutan pemerintah pusat. Untuk itu, dibutuhkan gerakan serentak oleh seluruh lapisan masyarakat untuk memenuhi target-target tersebut,” kata Fatoni.

Selama masa jabatannya, Fatoni mencatat penurunan inflasi yang signifikan di Sumut, dari 4,26% pada Mei menjadi 3,35% pada Juni 2024, turun sebesar 0,91%. “Prestasi tersebut harus terus dipertahankan dengan menjaga kestabilan keamanan dan ekonomi,” tambahnya.

Terkait pelaksanaan Pilkada Serentak, Fatoni menegaskan pentingnya menciptakan Pilkada yang aman, tertib, dan damai serta sesuai dengan regulasi. Ia juga menekankan pentingnya sinergi antara Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), dan stakeholder lainnya.

Fatoni juga menyoroti pentingnya menjaga netralitas ASN, kelancaran distribusi logistik, monitoring perkembangan politik, mitigasi konflik sosial, serta sosialisasi dan pendidikan politik kepada masyarakat. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru