26 C
Medan
Minggu, September 8, 2024

Desa Wisata Karanganyar Jadi Lokasi Kampanye Sadar Wisata Pemkab Simalungun

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Simalungun (buseronline.com) – Pemerintah Kabupaten Simalungun melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif (Disbudparekraf) mengadakan kampanye sadar wisata di Desa Wisata Karanganyar, Kecamatan Gunungmaligas.

Kampanye yang mengusung tagline “Aksi Sapta Pesona” ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam memajukan sektor pariwisata daerah.

Kegiatan yang dilaksanakan meliputi pengumpulan sampah organik, penanaman pohon, dan penaburan benih ikan.

Kepala Disbudparekraf Simalungun M Fikri F Damanik menyatakan bahwa kampanye sadar wisata ini adalah bagian dari program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang bertujuan mengembangkan sumber daya manusia di desa-desa wisata.

“Program ini difokuskan untuk pembangunan kesadaran dan pengembangan produktif desa dalam upaya memajukan pariwisata berbasis masyarakat,” ujar Fikri.

Desa Wisata Karanganyar merupakan desa wisata binaan PT Bank Mestika yang diresmikan oleh Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga, pada Desember 2023 lalu.

Kampanye ini juga bertujuan mengedukasi masyarakat desa tentang pentingnya Sapta Pesona yang mencakup aspek keamanan, ketertiban, kebersihan, kesejukan, keindahan, keramahan, dan kenangan dalam pelayanan wisata.

Sekda Simalungun Esron Sinaga yang hadir mewakili Bupati Simalungun, berharap melalui kegiatan ini masyarakat di sekitar Desa Wisata semakin menyadari potensi pariwisata yang ada.

“Kita melaksanakan kampanye sadar wisata dengan menghadirkan masyarakat dan pegawai untuk meningkatkan kesadaran masyarakat,” kata Esron.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk terus menjaga kebersihan lingkungan, suasana yang kondusif, dan keramahan. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru