26 C
Medan
Minggu, September 8, 2024

Dukung PON XXI, RS Adam Malik Siapkan Layanan Medis Terbaik

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Rumah Sakit (RS) Adam Malik mengumumkan kesiapan mereka untuk mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 yang akan berlangsung pada September mendatang.

RS Adam Malik, sebagai rumah sakit vertikal Kementerian Kesehatan RI, telah dipercaya menjadi salah satu pusat rujukan utama di Sumut untuk penanganan medis selama event olahraga terbesar di Indonesia tersebut.

Direktur Utama RS Adam Malik, dr Zainal Safri MKed (PD) SpPD-KKV SpJP (K) menyatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan semua layanan medis yang diperlukan, termasuk Instalasi Gawat Darurat (IGD), kamar rawat inap, kamar bedah, dan layanan penunjang lainnya.

Semua layanan ini didukung oleh tenaga kesehatan terbaik, mulai dari dokter spesialis, perawat, hingga tenaga kesehatan lainnya.

“RS Adam Malik siap mendukung pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut 2024 sebagai pusat rujukan untuk penanganan medis selama event tersebut. Kita sudah menyiapkan layanan IGD, rawat inap, kamar bedah, dan layanan penunjang lainnya untuk seluruh atlet dan ofisial tim. Tentunya didukung oleh tenaga kesehatan terbaik, mulai dari dokter spesialis, perawat dan tenaga kesehatan lainnya,” katanya.

Ketua Tim Kesehatan RS Adam Malik, Dr dr Kamal Basri Siregar MKed (Surg) SpB (K) Onk FICS MHKes menambahkan bahwa RS Adam Malik tidak hanya berfungsi sebagai pusat rujukan, tetapi juga berperan di medical center.

Mereka akan menangani kasus-kasus yang tidak bisa ditangani oleh medical center di lapangan atau rumah sakit rujukan di daerah.

“Kita sebagai pusat rujukan menyiapkan apabila medical center di lapangan tidak bisa menangani, atau tidak bisa ditangani rumah sakit rujukan di daerah. Kita juga termasuk tim pelatih yang melatih dokter-dokter yang akan bertugas di lapangan,” ujarnya.

RS Adam Malik juga akan menyiapkan pelayanan maksimal selama PON XXI berlangsung. Beberapa ruangan khusus akan disiapkan, termasuk satu tempat tidur khusus di IGD, kamar rawat inap VIP, dan kamar kelas 1.

Tim kesehatan yang terdiri dari dokter spesialis, dokter umum, perawat ahli, serta tenaga medis lainnya akan bertugas langsung di lapangan, dilengkapi dengan ID card petugas PON. Ambulans khusus untuk tamu VVIP, yang dilengkapi dengan instalasi mini ICU dan obat-obatan, juga akan dikerahkan.

“Ada 20-an orang kita siapkan, di samping instruktur di lapangan, untuk bertugas di medical center. Ambulans VVIP juga kita siapkan sebagai ambulans untuk tamu-tamu khusus, mungkin pejabat-pejabat setingkat Menteri. Tim dan ambulans VVIP ini akan bertugas langsung di lapangan bekerja sama dengan tim lainnya,” tambahnya.

Sebelumnya, RS Adam Malik telah dipercaya untuk penanganan medis dalam beberapa event besar di Sumut, termasuk F1 Powerboat dan Aquabike Jetski World Championship, serta selalu menjadi tim kesehatan VVIP dalam setiap kunjungan kerja Presiden dan Wakil Presiden RI di Sumut.

Dengan persiapan dan pengalaman tersebut, RS Adam Malik optimis dapat memberikan kontribusi maksimal dalam pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut 2024. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru