26 C
Medan
Minggu, September 8, 2024

Polres Labuhanbatu Gelar Penyuluhan Kamseltibcar di SMKN 1 Rantau Utara

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Rantauprapat (buseronline.com) – Tim Satlantas Polres Labuhanbatu mengadakan program “Go to School” di SMK Negeri 1 Rantau Utara, Rantauprapat.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penyuluhan dan himbauan terkait keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran (Kamseltibcar) berlalulintas di jalan raya.

Program ini merupakan bagian dari rangkaian Operasi Patuh Toba 2024 yang dipimpin oleh Kanit Kamsel Satlantas, Ipda Beny AZ, dibantu Aiptu SZ Sitompul dan Aiptu Marlis. Penyuluhan ini dihadiri oleh ratusan siswa-siswi serta guru SMKN 1 Rantau Utara.

“Penyuluhan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan disiplin siswa-siswi serta guru SMKN 1 Rantau Utara, umumnya pelajar dan masyarakat Kabupaten Labuhanbatu,” kata Ipda Beny di hadapan ratusan pelajar.

Tim Satlantas menyampaikan berbagai himbauan terkait pentingnya menjaga keselamatan dalam berkendara dan mematuhi peraturan lalu lintas untuk meminimalisir kecelakaan fatal.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan keselamatan bersama saat berkendara dan menurunkan angka kecelakaan lalu lintas,” sebut Kanit Kamsel.

Beberapa poin penting yang disampaikan dalam penyuluhan antara lain pentingnya menggunakan helm SNI saat berkendara, larangan menggunakan ponsel saat berkendara, bahaya berkendara di bawah umur dan tanpa SIM, serta pentingnya mematuhi rambu-rambu dan tidak melawan arus lalu lintas.

Pelanggaran seperti berboncengan lebih dari satu orang, menerobos lampu merah, dan menggunakan knalpot tidak sesuai teknis, akan ditindak tegas.

“Kami berharap masyarakat semakin sadar terhadap pentingnya keselamatan berlalu lintas. Ini semua demi terwujudnya Indonesia maju dan tertib,” ujarnya.

Kepala SMKN 1 Rantau Utara Sihat Ridwanto Siregar SPd MM menyambut baik dan mengapresiasi penyuluhan Kamseltibcar Lantas tersebut.

Ia menilai penyuluhan ini sangat penting untuk menambah pengetahuan pelajar mengenai keselamatan berlalu lintas.

“Penyuluhan seperti ini perlu bagi pelajar untuk menciptakan budaya tertib berlalu lintas, untuk keamanan dan keselamatan bersama saat berkendaraan di jalan raya,” sebutnya. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru