25 C
Medan
Kamis, September 19, 2024

Menkeu Sri Mulyani Soroti Pembiayaan Iklim Berkelanjutan di COP28-G20 Brasil Finance Track Event

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Brasil (buseronline.com) – Menteri Keuangan (Menkeu) RI Sri Mulyani Indrawati hadir sebagai panelis pada acara COP28-G20 Brazil Finance Track, hari pertama rangkaian kunjungan kerjanya di Brasil.

Acara ini menghadirkan berbagai pemangku kepentingan utama di bidang pembiayaan iklim dengan fokus pada pembiayaan berkelanjutan yang semakin terjangkau dan mudah diakses.

Dalam diskusi panel, Sri Mulyani menekankan pentingnya kebijakan fiskal dan makroekonomi yang tepat untuk menarik pendanaan terjangkau guna mendukung transisi ekonomi dalam aksi iklim.

Sebagai Co-chair Koalisi Menteri-Menteri Keuangan untuk Aksi Iklim, forum ini memfasilitasi pertukaran ide, pengetahuan, dan pengalaman antar Menteri Keuangan dalam menyusun kebijakan untuk mengatasi tantangan perubahan iklim.

Ia menegaskan bahwa kebijakan yang baik dan tepat sangat penting, terutama di tengah tingginya tingkat suku bunga global saat ini.

“If you have good policies, you can attract good capital,” ungkap Sri Mulyani melalui akun Instagram resminya @smindrawati, Jumat (26/7/2024).

Sri Mulyani mengapresiasi Menteri Keuangan dan Menteri Lingkungan Hidup Brasil atas kepemimpinannya dalam Presidensi G20, serta Menteri Keuangan UAE sebagai Pimpinan COP28 yang terus mendorong pendanaan iklim nyata dan inovatif melalui sektor swasta, filantropi, serta lembaga multilateral seperti Multilateral Development Bank (MDBs), selain pendanaan publik.

Menurut Sri Mulyani, perubahan iklim bukan hanya tantangan, tetapi juga kesempatan untuk menyelamatkan planet melalui pendanaan berkelanjutan.

“Bersama mari kita wujudkan peluang untuk menyelamatkan bumi kita dengan pendanaan iklim yang berkelanjutan,” tutupnya. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru