27 C
Medan
Selasa, September 17, 2024

PMI Sumut Gelar Pelatihan Fasilitator PMR untuk Hadapi Panas Ekstrem

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Asahan (buseronline.com) – Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sumut mengadakan Pelatihan Fasilitator Palang Merah Remaja (PMR) di Kisaran, Kabupaten Asahan, pada 22-26 Juli 2024.

Pelatihan ini didukung oleh Program Coastal City Resilience and Heat Action Project (COCHAP) dari USAID dan American Red Cross, dengan tujuan membekali fasilitator dalam memahami dan mengajarkan penanganan cuaca ekstrem panas kepada anggota PMR.

Peserta pelatihan berasal dari berbagai PMI kabupaten/kota di pesisir timur Sumut, termasuk PMI Kota Medan, PMI Kabupaten Deliserdang, PMI Kabupaten Serdang Bedagai, PMI Kabupaten Batubara, PMI Kota Tebingtinggi, PMI Kabupaten Asahan, dan PMI Kota Tanjungbalai.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas fasilitator PMR di berbagai tingkatan serta menyesuaikan dengan pengetahuan tentang panas ekstrem dan kurikulum PMR yang berlaku di PMI Pusat dan Kementerian Pendidikan.

Fasilitator pelatihan ini terdiri dari utusan PMI pusat, PMI Provinsi Sumut, PMI Kabupaten Asahan, serta tenaga pengajar profesional.

Dalam acara pembukaan, turut hadir Ketua Bidang Relawan & Anggota PMI Provinsi Sumut, Dr M Fitri Rahmadana SE MSi, Sekretaris PMI Kabupaten Asahan, Muhammad Rudi, dan Kepala Markas PMI Provinsi Sumut, Ade Yudiansyah MH.

Muhammad Rudi mengapresiasi Kabupaten Asahan sebagai tuan rumah dan berharap kegiatan berjalan lancar. Dr M Fitri Rahmadana berharap pelatihan ini membantu fasilitator PMR mengembangkan metode pengajaran yang lebih modern.

Para peserta juga melakukan praktek lapangan di SMA Negeri 1 Kisaran bersama anggota PMR setempat.

Kegiatan berjalan lancar dan menunjukkan peningkatan kapasitas peserta berdasarkan penilaian pre-test dan post-test.

Peserta diharapkan menerapkan pengetahuan dari pelatihan ini dalam mendidik anggota PMR sesuai ketentuan. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru