25 C
Medan
Kamis, September 19, 2024

Naslindo Sirait Ajak Koperasi Karyawan Perluas Usaha dan Mitra

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumut Dr Naslindo Sirait MM mengajak Koperasi Jasa Industri Nabati Lestari untuk memperluas jenis usaha dan memperbanyak kemitraan.

Ajakan ini disampaikan dalam sambutannya pada Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Jasa Industri Nabati Lestari Tahun Buku 2023 yang digelar di Hotel Green Star Park, Simalungun, Kamis lalu.

Naslindo menyampaikan bahwa di Indonesia, koperasi memiliki peluang yang sama dengan PT dalam menjalankan usaha. Koperasi karyawan, menurutnya, dapat menjadi solusi bagi karyawan profesional yang kesulitan merintis usaha sendiri di luar jam kerja. Keberadaan koperasi di kantor dapat membantu meningkatkan kesejahteraan anggota melalui bisnis yang dikembangkan bersama.

“Koperasi Jasa Industri Nabati Lestari, yang berasal dari PT Industri Nabati Lestari, anak perusahaan Holding Perkebunan Nusantara PTPN 3, sebaiknya tidak hanya fokus mendistribusikan produk minyak goreng dan barang-barang lain dari PTPN 3. Saya tantang tahun depan RAT koperasi ini sudah digelar di hotel milik koperasi sendiri,” kata Naslindo berkelakar.

Ia menambahkan, dengan perkembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei, kebutuhan penginapan di daerah tersebut akan meningkat. Koperasi harus bisa menangkap peluang bisnis baru seperti ini.

Naslindo juga mengingatkan sejarah Koperasi Rochdale di Inggris, yang awalnya hanya bergerak di bidang koperasi konsumen namun kemudian mulai memproduksi barang sendiri, menciptakan kesempatan kerja baru dan menambah pendapatan bagi anggota.

Naslindo menekankan pentingnya koperasi untuk memperbanyak kolaborasi dengan berbagai rantai pasok dan tidak terbatas pada perusahaan asal.

“Dinas Koperasi UKM Provinsi Sumut punya database ribuan koperasi lainnya yang sekiranya membutuhkan produk-produk koperasi kita. Ayo kembangkan lagi kemitraan koperasi sesuai dengan aturan, prosedur, dan mekanisme yang berlaku. Jika ada proses bidding sekalipun, koperasi bisa ikut bersaing dengan PT dalam memberikan penawaran terbaik,” tandasnya.

Acara RAT tersebut juga dihadiri oleh Ketua Koperasi Jasa Industri Nabati Lestari Rizky Zakaria, Ketua Pengawas Koperasi Jasa Industri Nabati Lestari Rudi Hartono, SEVP Business Support PT Industri Nabati Lestari Zulianto, beserta pengurus dan anggota koperasi lainnya. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru