32 C
Medan
Kamis, September 19, 2024

Perombakan Besar di Polri: Kapolri Rotasi 157 Pejabat, Enam Kapolda Berganti

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jakarta (buseronline.com) – Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi dan rotasi 157 perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen) dalam rangka penyegaran organisasi. Enam Kapolda baru diangkat dalam proses ini.

Dilansir dari Humas Polri, mutasi tersebut dituangkan dalam Surat Telegram Nomor: ST/VII/KEP/2024 yang ditandatangani oleh As-SDM Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo pada Jumat, 26 Juli 2024. Berikut adalah enam pati yang dipromosikan sebagai Kapolda baru:

1. Irjen Pol Hendro Pandowo, sebelumnya Sahli Sosbud Kapolri dan mantan Wakapolda Metro Jaya, kini diangkat sebagai Kapolda Bangka Belitung menggantikan Irjen Pol Tornagogo Sihombing yang ditugaskan di luar struktur Polri.

2. Irjen Pol Eddy Sumitro Tambunan, Koorsahli Kapolri, kini menjabat Kapolda Maluku menggantikan Irjen Pol Lotharia Latif yang juga ditugaskan di luar struktur Polri.

3. Brigjen Pol Ribut Hari Wibowo, sebelumnya Karobinkar SSDM Polri, kini diangkat menjadi Kapolda Jawa Tengah menggantikan Irjen Pol Ahmad Lutfi yang mendapat penugasan di Kementerian Perdagangan.

4. Irjen Pol Hari Sudwijanto sebelumnya Kakorsabhara Baharkam Polri, kini menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Utara menggantikan Irjen Pol Daniel Aditya Jaya yang dipindahkan menjadi Kapolda Bali menggantikan Irjen Pol Ida Bagus KD Putra Narendra yang memasuki masa pensiun.

5. Irjen Pol Daniel Aditya Jaya kini menjabat sebagai Kapolda Bali menggantikan Irjen Pol Ida Bagus KD Putra Narendra yang memasuki masa pensiun.

6. Brigjen Pol Anwar, sebelumnya Karowatpres SSDM Polri, kini diangkat sebagai Kapolda Bengkulu menggantikan Irjen Pol Armed Wijaya yang dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Pidum Bareskrim Polri.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko membenarkan adanya mutasi dan rotasi ini. Menurutnya, langkah ini merupakan proses alamiah di lingkungan Korps Bhayangkara untuk meningkatkan kinerja anggota melalui tour of duty dan tour of area.

“Mutasi dan rotasi adalah proses alamiah di organisasi dalam rangka meningkatkan kinerja, tour of duty dan tour of area,” kata Trunoyudo dalam keterangannya. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru