26 C
Medan
Selasa, September 17, 2024

Persiapan Matang, Pj Gubernur Sumut Pastikan Kesuksesan PON XXI 2024

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jakarta (buseronline.com) – Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni, menyatakan optimisme bahwa Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang akan diselenggarakan di Aceh dan Sumut pada tahun 2024 akan berjalan sukses. Pernyataan ini disampaikan dalam Dialog Forum Merdeka Barat 9 di Jakarta.

Fatoni mengungkapkan bahwa menjadi tuan rumah PON adalah sebuah kehormatan dan kebanggaan bagi Provinsi Sumut. Sejak menjabat sebagai Pj Gubernur, ia telah melakukan berbagai persiapan untuk menyukseskan acara olahraga nasional tersebut.

Salah satu langkah awal yang diambilnya adalah meninjau venue PON 2024 di Sport Centre, Desa Sena, Kabupaten Deliserdang, yang progres pembangunannya telah mencapai 80 persen. “Kami optimis, Insya Allah, pertengahan Agustus sudah rampung,” ujarnya.

Selain meninjau venue, Fatoni juga melakukan koordinasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumut. Forkopimda serta para Bupati dan Wali Kota di wilayah Sumatra Utara turut dilibatkan dalam Tim Panitia Besar (PB) PON.

Bahkan, Bupati dan Wali Kota ditunjuk sebagai Ketua PB PON di wilayah masing-masing. Fatoni menekankan pentingnya menyiapkan sarana prasarana di sekitar venue, termasuk transportasi, telekomunikasi, rumah sakit, dan kelistrikan.

“Kami meminta setiap kepala daerah untuk cek sarana prasarana, menyiapkan transportasi, telekomunikasi, kelistrikan, serta rumah sakit dan posko kesehatan. Hotel penginapan dan pendukung sarana prasarana juga harus dipersiapkan,” jelasnya.

Fatoni juga mendorong sosialisasi yang masif melalui media sosial hingga ke tingkat desa, dengan memasang baliho, stiker, dan poster, khususnya di 10 kabupaten/kota yang menjadi lokasi pelaksanaan PON di Sumut.

Menurutnya, penyelenggaraan PON adalah kesempatan untuk memperkenalkan Sumut kepada tamu dari daerah lain, sehingga kesuksesan PON XXI menjadi tanggung jawab bersama.

“PON ini tanggung jawab kita bersama untuk menyukseskannya, karena Sumut mendapat kehormatan menjadi tuan rumah PON yang sudah lama kita inginkan. Sumut terakhir menjadi tuan rumah PON pada tahun 1953,” ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Kominfo Sumut Ilyas Sitorus menyatakan bahwa promosi melalui branding mobil, spanduk, baliho, dan kegiatan bernuansa PON terus dilakukan untuk memperluas sosialisasi ke masyarakat.

Dengan demikian, diharapkan rasa kebanggaan sebagai tuan rumah PON akan muncul di masyarakat. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru