27 C
Medan
Jumat, September 20, 2024

STIN Raih Akreditasi Internasional dari Lembaga Jerman

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Bogor (buseronline.com) – Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) mendapatkan akreditasi internasional dari The Accreditation, Certification and Quality Assurance Institute (ACQUIN), sebuah lembaga akreditasi global yang bermarkas di Jerman.

Penyerahan akreditasi ini diterima langsung Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan dalam acara peresmian Modernisasi Pusat Pendidikan dan Pelatihan Personel STIN yang digelar di kampus STIN, Sentul, Bogor, Jawa Barat, pada 31 Juli 2024. Dr Alexander Fredich Schonmann, perwakilan dari ACQUIN, secara simbolis menyerahkan sertifikat akreditasi tersebut.

Budi Gunawan menyatakan bahwa keberhasilan ini adalah hasil kerja keras seluruh civitas akademika STIN dalam menyiapkan dokumen dan memenuhi persyaratan akreditasi internasional.

Ia menekankan bahwa akreditasi dengan predikat unconditional untuk program sarjana (S1) dan magister (S2) ini mencerminkan standar tinggi yang telah dicapai oleh STIN.

“Kita patut bangga atas kerja keras STIN yang berhasil menyiapkan dokumen dan persyaratan, sehingga memperoleh akreditasi internasional dari ACQUIN dengan predikat unconditional untuk program S1 dan S2,” ujar Budi Gunawan kepada media di Bogor.

Selain itu, Budi Gunawan juga menyoroti perkembangan STIN dalam pengetahuan keilmuan internasional melalui pengelolaan jurnal internasional Bakti Garuda, yang memungkinkan masyarakat mengikuti perkembangan terbaru dalam bidang intelijen dari dalam dan luar negeri.

“Dengan pencapaian tersebut, STIN akan dikenal dan diperhitungkan dalam meneruskan karier untuk membentuk karakter bangsa,” lanjutnya.

STIN telah melakukan berbagai modernisasi dan lompatan besar untuk mencapai akreditasi ini, termasuk pembaruan sarana prasarana pendidikan dan pelatihan berbasis teknologi. Penilaian dari tim ahli meliputi berbagai aspek seperti penataan laboratorium, sesi kuliah, dan manajemen.

Setelah penilaian menyeluruh, STIN memperoleh predikat tertinggi tanpa syarat pada 6 Juni 2024 untuk semua program studi yang terdiri dari lima program studi sarjana dan dua program studi magister.

Dengan akreditasi internasional ini, STIN dinobatkan sebagai perguruan tinggi kedinasan pertama di Indonesia yang diakui oleh ACQUIN sebagai World Intelligence College.

Budi Gunawan menegaskan komitmen STIN untuk terus menjadi lembaga pendidikan terkemuka di bidang intelijen, yang dikenal baik di tingkat nasional maupun internasional. (R3)

Berita Lainnya

Berita Terbaru