27 C
Medan
Selasa, September 17, 2024

Gebyar Keselamatan Digelar di Medan, Kakorlantas Polri: Langkah Pasti Tekan Angka Kecelakaan Lalin

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan menghadiri Road Show Gebyar Keselamatan 2024 di Lapangan Astaka Pancing Medan. Acara ini mengusung tema “Bersaudara di Jalan, Sehat, Safety, dan Presisi,” dan merupakan bagian dari upaya menekan angka kecelakaan lalu lintas yang terus meningkat setiap tahun.

Irjen Pol Aan Suhanan menjelaskan bahwa program Gebyar Keselamatan Lalu Lintas ini dilaksanakan sebagai respons terhadap tingginya angka kecelakaan yang menyebabkan korban jiwa, luka berat, serta kerugian material.

“Kemarin kita melaksanakan Gebyar Keselamatan, ini adalah program dari Korlantas Polri. Medan atau Sumut ini menjadi provinsi kelima di mana kita melaksanakan Gebyar Keselamatan Lalu Lintas,” ujar Aan Suhanan.

Program ini bertujuan untuk mengingatkan masyarakat Indonesia akan pentingnya keselamatan berlalu lintas guna menekan angka fatalitas kecelakaan di jalan. Irjen Pol Aan Suhanan menekankan bahwa kerugian akibat kecelakaan tidak hanya bersifat material, tetapi juga berdampak pada kehidupan sosial dan ekonomi keluarga korban.

“Sebagian besar korban kecelakaan adalah kaum pria yang menjadi tulang punggung keluarga. Seorang bapak yang meninggal akibat kecelakaan lalu lintas artinya ada seorang istri yang ditinggalkan suaminya dan anak yang menjadi yatim,” jelasnya.

Medan, yang menempati peringkat ke-7 di Indonesia dalam hal angka kecelakaan lalu lintas yang tinggi, menjadi salah satu fokus kegiatan Gebyar Keselamatan. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, masyarakat Medan akan lebih tertib dalam berlalu lintas.

“Medan menjadi salah satu sasaran kita karena angka kecelakaan lalu lintasnya masih cukup tinggi. Ini untuk koreksi kita semua, stakeholder, agar tertib berlalu lintas sehingga keselamatan bisa kita raih nantinya,” tambah Aan Suhanan.

Berdasarkan evaluasi kegiatan, sudah terdapat data dan identifikasi tempat-tempat rawan kecelakaan serta pelanggaran lalu lintas di Medan. “Forum lalu lintas yang ada di Sumatera Utara akan lebih fokus menangani setiap black spot yang ada dan kita akan terus melakukan upaya preventif dan preemptif agar tidak terjadi kecelakaan,” lanjutnya.

Kakorlantas berharap kegiatan keselamatan berlalu lintas menjadi kebutuhan masyarakat karena hampir semua aktivitas menggunakan jalan dan kendaraan bermotor. “Mari kita semarakkan, mari kita sosialisasikan, mari kita edukasi masyarakat tentang tertib berlalu lintas, tentang mengikuti aturan yang ada karena kecelakaan selalu diawali oleh pelanggaran lalu lintas,” tutupnya. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru