25 C
Medan
Kamis, September 19, 2024

80.000 Relawan Siap Sukseskan PON XXI Aceh-Sumut

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Hingga Selasa (6/8/2024), jumlah sukarelawan yang telah mendaftar untuk mendukung Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh-Sumut telah mencapai 80.000 orang.

Informasi ini disampaikan Ketua Bidang SDM PON XXI Wilayah Sumut, Dr Drs Ismael P Sinaga MM kepada wartawan melalui telepon.

Menurut Ismael, volunteer tersebut dibagi menjadi tiga kategori: green volunteer, blue volunteer, dan yellow volunteer. Green volunteer terlibat langsung sebagai staf pendukung pelaksanaan PON. Blue volunteer tetap bekerja di tempat masing-masing namun mendukung PON melalui sosialisasi dan kegiatan di lingkungan kerja mereka.

Sementara itu, yellow volunteer memanfaatkan acara ini sebagai media pembelajaran dan mendukung melalui komunitas masing-masing.

“Pendaftaran volunteer yang awalnya akan berakhir pada 31 Juli 2024 diperpanjang hingga beberapa pekan ke depan sesuai petunjuk dari Pj Gubernur Sumut,” kata Ismael.

Gubernur mengharapkan jumlah volunteer ini dapat memecahkan rekor MURI, dan tentu banyaknya relawan ini adalah keinginan kita bersama.

Ismael, yang juga menjabat sebagai Kadisnaker Sumut, menambahkan bahwa PB PON XXI Sumut-Aceh akan melakukan pelatihan dan pembekalan untuk ribuan volunteer pada Agustus 2024.

Khusus bagi mahasiswa yang terlibat langsung, akan diberikan sertifikat yang berguna sebagai referensi untuk kelulusan dan mencari pekerjaan.

Dengan strategi yang matang dan melibatkan masyarakat secara luas, gerakan volunteer PON XXI di Sumut diharapkan dapat menjadi contoh sukses yang membanggakan dan berkelanjutan bagi generasi mendatang. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru