27 C
Medan
Selasa, September 17, 2024

Sumut Siapkan Transportasi Massal untuk PON XXI 2024

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Dalam rangka mendukung kelancaran transportasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 di Aceh dan Sumut, Pemprov Sumut melalui Bidang Transportasi Panitia Besar (PB) PON Sumut telah menyiapkan 1.188 unit angkutan.

Dari jumlah tersebut, 949 unit berasal dari Dinas Perhubungan (Dishub) dan 239 unit tambahan dari Kementerian Perhubungan RI.

Kepala Dishub Sumut Dr Agustinus Panjaitan MT mengungkapkan bahwa untuk menyukseskan transportasi selama PON, Forum Lalulintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ) Provinsi Sumut bersama FLLAJ kabupaten/kota telah memetakan ruas jalan yang rawan gangguan lalu lintas di 10 kabupaten/kota yang menjadi lokasi penyelenggaraan PON.

Kota-kota tersebut meliputi Medan, Binjai, Deliserdang, Langkat, Pematangsiantar, Simalungun, Toba, Tanah Karo, dan Samosir.

Penataan ini fokus pada pengendalian perilaku penggunaan jalan seperti melawan arah, parkir liar, serta pemanfaatan badan jalan dan trotoar yang tidak sesuai peruntukan.

“Kami menargetkan penataan dan ketertiban lalu lintas hingga hari H pelaksanaan PON. Setiap Kamis, kami lakukan evaluasi untuk menyelesaikan kendala yang ada dalam mencapai target bersama,” ujarnya.

Selain itu, Agustinus menambahkan bahwa PB PON siap memenuhi permintaan tambahan kendaraan di luar jadwal yang telah ditentukan, seperti untuk atlet yang ingin pulang lebih awal atau ketinggalan jadwal.

“Kami akan menyiapkan kendaraan yang tersedia dan sesuai dengan kebutuhan,” tambahnya.

Dengan persiapan ini, PB PON berharap pelaksanaan PON XXI 2024 dapat berjalan lancar dan aman, memberikan pengalaman terbaik bagi para atlet dan official, serta memastikan sarana dan prasarana jalan dapat dimanfaatkan dengan baik. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru