25 C
Medan
Kamis, September 19, 2024

Diskop UKM Sumut Jalin Kemitraan dengan Dinas KUK Jabar untuk Perluasan Pemasaran UMKM

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Sumatera Utara (Sumut) memperluas jangkauan pemasaran dan pengembangan usaha produk unggulan melalui kerjasama dengan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Jawa Barat.

Acara Temu Bisnis yang diadakan pada 5-8 Agustus 2024 di Kota Medan menjadi wadah bagi kedua pihak untuk memperkuat kemitraan.

Pembukaan acara Temu Bisnis dilaksanakan di Aula Gedung UPTD PLUT Sumut pada 6 Agustus 2024.

Hadir dalam acara tersebut Kadiskop dan UKM Sumut Dr Naslindo Sirait, serta Kadis KUK Jabar, Rachmat Taufik Garsadi, bersama 25 pelaku UMKM dari Jawa Barat beserta pendampingnya.

Naslindo Sirait mengenalkan berbagai komoditas unggulan Sumut, termasuk minyak sawit, kakao, kopi, jagung, dan andaliman, yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan bahan baku pelaku UMKM di Jawa Barat.

Dia menekankan pentingnya memperkuat daya saing brand lokal di tengah gempuran produk impor dan dorong kreativitas pelaku UMKM untuk menembus pasar lokal hingga internasional.

Kemitraan ini juga dianggap sebagai bentuk nasionalisme, dengan tujuan membangun kemandirian ekonomi bersama melalui konsolidasi berbagai kebutuhan UMKM di masing-masing daerah.

Acara ditutup dengan penandatanganan Letter of Intent (LOI) dan berita acara antara Diskop UKM Sumut, Dinas KUK Jawa Barat, serta perwakilan pelaku UMKM binaan.

Hadir juga dalam acara ini Kadis Ketenagakerjaan Kabupaten Karo Adison Sebayang, Ketua BPD Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (Asephi) Sumut Fatimah Habibie, dan lainnya. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru